RPP FIKIH BAB HAJI DAN UMRAH KELAS X IIS
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/ Semester : X.A/ganjil
Materi
Pokok : Haji dan Umrah
Alokasi Waktu : 2x 45 menit (1x Pertemuan)
Pertemuan : Ketiga
I.
Kompetensi Inti
KI-1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai)
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-3 Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang di pelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kidah keilmuan.
II.
Kompetensi Dasar (KD)
1.4
Menghayati
hikmah pelaksanaan perintah haji.
2.5
Menunjukkan
sikap kerja sama, dan tolong menolong melalui praktek pelaksanaan haji.
2.2
Memiliki
sikappatu terhadap undang-undang penyelenggaraan haji dan umrah.
3.5 Menelaah ketentuan islam tentang haji dan umrah beserta hikmahnya.
3.6 Menelaah undang-undang
penyelenggaraan haji dan umrah.
4.5 Menunjukkan contoh
penerapan macam-macam manasik haji.
4.6 Mempraktikkan
pelaksanaan manasik haji sesuai dengan
ketentuan perundang undangan tentang haji.
III.
Indikator Pembelajaran
1.
Menunjukkan
contoh kerjasama dan tolong menolong dalam pelaksanaan ibadah haji.
2.
Menjelaskan
ketentuan islam tentang haji dan umrah.
3.
Mengidentifikasi
undang-undang penyelenggraan haji dan umrah.
4.
Menunjukkan
contoh penerapan macam-macam manasik haji.
5.
Mempraktikkan
pelaksanaan manasik haji sesuai dengan ketentuan perundang-undangan tentang
haji.
6.
Menjelaskan
hikmah pelaksanaan haji.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan
peserta didik mampu:
1.
Menunjukkan
contoh kerjasama dan tolong menolong dalam pelaksanaan ibadah haji dengan benar
.
2.
Menjelaskan
ketentuan islam tentang haji dan umrah dengan benar.
3.
Mengidentifikasi
undang-undang penyelenggraan haji dan umrah dengan benar.
4.
Menunjukkan
contoh penerapan macam-macam manasik haji dengan baik.
5.
Mempraktikkan
pelaksanaan manasik haji sesuai dengan ketentuan perundang-undangan tentang
haji.
6.
Menjelaskan
hikmah pelaksanaan haji dengan baik.
V.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian Haji
Haji
adalah menyengaja mengunjungi Ka’bah untuk mengerjakan ibadah yang meliputi thawaf,
sa’i, wuquf, dan ibadah-ibadah
lainnya untuk memenuhi perintah Allah SWT. Dan mengharap keridhaannya dalam
waktu yang telah ditentukan.
2.
Hukum Haji
Mengerjakan ibadah haji wajib a’in, sekali seumur hidup bagi setiap
muslim yang telah mukaallaf dan mampu melaksanakannya. Firman Allah SWT:
ولله على الناس حج البيت مناستطاع اليه سبيلا
“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia
terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke
Baitullah” (QS. Ali Imran: 97)”
3.
Syarat-syarat Wajib Haji
a.
Beragama
Islam, tidak wajib dan tidak sah bagi orang kafir.
b.
Berakal,
tidak wajib haji bagi orang gila dan orang bodoh.
c.
Baligh,
tidak wajib haji bagi anak-anak, kalau anak-anak mengerjakannya, hajinya sah
sebagai amal sunnah, kalau sudah cukup umur atau dewasa wajib melaksanakannya
kembali.
d.
Merdeka,
tidak wajib haji bagi budak atau hamba sahaya, kalaun budak mengerjakannya,
hajinya sah, apabila telah merdeka wajib melaksanakannya kembali.
e.
Kuasa
atau mampu, tidak wajib bagi orang yang
tidak mampu. Baik mampu harta, kesehatan, maupun dalam perjalanan.
4.
Rukun Haji
a.
Ihram,
yaitu berniat memulai mengerjakan ibadah haji ataupun umrah, merupakan
pekerjaan pertama sebagaimana takbiratu ihram dalam sholat.
b.
Wuquf
di padang Arafah, yaituhadir mulai tergelincir matahari
(waktu dzuhur) tanggal 9 Zulhijjah sampai terbit fajar tanggal10 Dzulhijjah.
c.
Thawaf,
thawaf rukun ini disebut Thawaf ifadhah. Yaitu,
mengelilingi ka’bah tujuh kali putaran, dimulai dan diakhiri di Hajar Aswad,
dilakukan pada hri raya nahar sampai berakhir hari Tasyriq.
d.
Sa’i,
yaitu berlari-lari kecil dari bukit Shafa dan Marwah.
e.
Tahallul,
yaitun mencukur atau menggunting rambut, sekurang-kurangnya
menggunting tiga helai rambut.
f.
Tertib,
yaitu mendahulukan yang semestinya dahulu dari rukun-rukun di atas.
5.
Wajib Haji
a.
Berihram
sesuai miqatnya
b.
Bermalam
di Muzdsalifah
c.
Bermalam
di Mina
d.
Melontar
Jumrah Aqabah
e.
Melontar
Jumrah Ula,Wustha dan Aqabah
f.
Menjauhkan
diri dari Muharramat Ihram
g.
Thawaf wada’.
6.
Miqat Haji
a.
Miqat
Zamani
Adalah
waktu sahnya di selenggarakan pekerjaan-pekerjaan haji. Orang yang melaksanakan
ibadah haji ia harus melaksanakannya pada waktu-waktu yang telah di tentukan,
tidak dapat dikerjakan pada sembarang waktu.
b.
Miqat
Makani
Adalah
tempat memulai ihram bagi orang-orang yang hendak mengerjakan haji dan umrah.
7.
Muharromat Haji dan Dam (Denda)
a.
Muharromat
Haji
Muharromat
Haji ialah perbuatan-perbuatan yang di larang selama mengerjakan haji.
Meninggalkan Muharromat Haji termasuk wajib haji. Jadi apabila salah
satu Muharromat itu dilanggar, wajib atas orang yang melanggarnya
membayar dam.
1)
Senggama
dan pendahuluannya, seperti mencium,menyentuh dengan syahwat, berbicara tentang
sex antara suami dengan istri, dan sebagainya.
2)
Memakai
pakaian yang berjahit dan memakai sepatu bagi laki-laki.
3)
Mengenakan
cadar muka dan sarung bagi wanita.
4)
Memakai
harum-haruman serta minyak rambut.
5)
Menutup
kepala bagi kepala bagi laki-laki, kecuali karena hajat. Bila terpaksa menutup
kepala maka ia wajib membayar dam.
6)
Melangsungkan
akad nikah bagi dirinya atau menikahkan oarang lain, sebagai wali atau wakil.
7)
Memotong
rambut atau kuku menghilangkan rambut dengan menggunting,mencukur, atau memotongnya
baik rambut kepala atau lainnya dilaerang dalam keadaan ihram.
8)
Sengaja
memburu dan membunuh binatang darat atau memakan hasil buruan.
b.
Dam (denda) pelanggaran Muharromat Haji maupun umrah.
Dam dari segi bahasa berarti darah. Sedangkan menurut istilah adalah
mengalirkan darah (menyembelih ternak: kambing, unta atau sapi) di tanam haram
untuk memenuhi ketentuan mansik haji.
8.
Sunnah Haji
a.
Membaca
Talbiyah
b.
Melaksanak
Thawaf qudum
c.
Membaca
Sholawat dan do’a sesudah bacaan talbiyah
9.
Macam-macam Manasik Haji
a.
Haji Ifrad
Mengerjakan haji
dan umrah dengan cara ifrad adalah mengerjakan haji dan umrah dengan cara
mendahulukan haji daripada umrah dan keduanya dilaksanakan secara terpisah.
b.
Haji Tamattu’
Mengerjakan dengan
cara tamattu’ adalah mengerjakan haji dan umrah daripada haji, dan umrah
dilakukan pada musim haji.
c.
Haji Qiran
Mengerjakan
ibadah haji dengan cara qiran adalah mengerjakan haji dan umrah sekaligus. Jadi
amalannya satu, tetapi dengan dua niat yaitu haji dan umrah. Dengan demikian
urutan pelaksanaan qiran pada dasarnya
tidak berbeda dengan hajin ifrad.
10.
Pengertian, Hukum, dan Waktu Umrah
Menurut bahasa,
umrah berarti ziarah. Dalam pengertian Syar’i, umrah adalah ziarah ke ka’bah,
thawaf, sa’i, dan memotong rambut.
11.
Syarat, Rukun, dan Wajib Umrah
a.
Ihram
(Niat)
b.
Thawaf
c.
Sa’i
d.
Mencukur
rambut
e.
Tertib
antara keempat rukun diatas
12.
Prosedur Pelaksanaan Haji di Indonesia
Undang-undang
nomor 17 Tahu 1999 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Keputusan Menteri
Agama Nomor 224 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.
VI.
Pendekatan/Model Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Model :
Ceramah
Metode :
a.
Diskusi
Kelompok
b.
Tanya
Jawab
c.
Penugasan
VII.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media :
Slide Power Point
Alat dan Bahan Pembelajaran :
LCD, Spidol, Papan Tulis, Kertas
Sumber Pembelajaran :
1.
Buku
Paket Pedoman Guru Mapel Fiqih X MA Kemenag RI tahun 2014
2.
Buku
Pegangan Siswa Mapel Fiqih X MA Kemenag RI 2014
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
||
1.
|
Kegiatan awal/pendahuluan
|
menit
|
||
|
a.
|
Guru memasuki kelas, kemudian mengucapkan salam dan berdo’a untuk
mengawali pelajaran
|
15 Menit
|
|
|
b.
|
Guru menyapa siswa
|
|
|
|
c.
|
Guru mengabsen siswa untuk mengetahui daftar hadir siswa
|
|
|
|
d.
|
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
e.
|
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menjelaskan tentang
kegiatan yang akan dilakukan peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
||
|
a.
|
Observing ( mengamati).
|
|
|
|
|
-
|
Peserta didik mengamati dan membaca tayangan slide power point materi
yang diajarkan
|
|
|
|
-
|
Guru membagi kelas menjadi delapan kelompok diskusi untuk membahas
studi fikih tentang ketentuan zakat dalam islam.
|
|
|
b.
|
Questioning
(Menanya)
|
|
|
|
|
-
Siswa menanyakan hal-hal yang terkait dengan slide
power point
|
|
|
|
|
-
|
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan
studi fikih tentang ketentuan zakat dalam islam.
|
|
|
c.
|
Eksplorasi
|
|
|
|
|
-
|
Guru memfasilitasi peseta didik dan memberi kesempatan untuk
mengungkapkan ide, pendapat, dan tanggapan dalam diskusi serta
mendokumentasikan secara tertulis pada masing-masing kertas kerja.
|
|
|
|
-
|
Guru mempersilahkan peserta didik belajar dalam kelompoknya.
|
|
|
d.
|
Eksperimen (Mencoba)
|
|
|
|
|
-
|
Masing-masing
kelompok menjelaskan tentang topik yang diperoleh
|
|
|
e.
|
Comunication (Mengkomunikasikan)
|
|
|
|
|
-
|
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai topik yang di peroleh
Peserta
didik dari kelompok lain menanggapi.
|
|
|
|
-
|
Guru
memberikan konfirmasi dari setiap jawaban yang disampaikan.
|
|
3.
|
Kegiatan
akhir
|
15 menit
|
||
|
a.
Guru memfasilitasi
peserta didik untuk melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah
dipelajari dan kesulitan yang dihadapipeserta didik
b.
Guru memberikan
evaluasi kepada peserta didik
c.
Guru memberikan tugas
untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar kurban dan akikah
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan membaca hamdalah
bersama sama kemudian mengucapkan hamdalah bersama-sama dan keluar dari ruang
kelas
|
|
IX.
Penilaian pembelajaran
1.
Jenis/teknikpenilaian
(Unjuk kerja / Kinerja melakukan Praktikum /Sikap)
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
(Daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar
penilaian sikap/Lembar observasi/ Pertanyaan langsung/ Laporan pribadi/
Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/ Lembar penilaian portofolio)
3.
Pedoman
penskoran (terlampir)
1.
Skala sikap:
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam
Pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi.
NO
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor Maks
|
Tindak Lanjut
|
|||
aktif
|
kerjasama
|
T
|
TT
|
|
R
|
P
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
T : Tuntas mencapai
nilai... (disesuaikan dengan nilai KKM)
TT : Tidak tuntas jika
nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remidial
P : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian :
1.
Kejelasan
dan kedalaman informasi
a.
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c.
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, 10.
2.
Keaktifan
dalam diskusi
a.
Jika
kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b.
Jika
kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c.
Jika
kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3.
Kejelasan
dan kerapian presentasi
a.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan kurang rapi, skor 20.
d.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan kurang jelas dan kurang rapi,
skor 10.
a.
Penilaian Sikap
1.
Penilaian Observasi Sikap Sosial
NO
|
NAMA
|
Keterbukaan
|
Ketekunan Belajar
|
Kerajinan
|
Tenggang Rasa
|
Kedisiplinan
|
Kerja sama
|
Ramah dg teman
|
Hormat kpd Guru
|
Kejujuran
|
Menempati Janji
|
Kepedulian
|
Tanggung Jawab
|
Jumlah Nilai
|
Nilai Rata-rata
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
13
|
14
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
5 : A (Amat baik)
4 : B (Baik)
3 : C (Cukup)
2 : D (Kurang)
1 : E (Sangat Kurang)
2.
Penilaian Observasi Sikap Sosial (Tanggung
Jawab)
Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik
dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolm skor sesuaisikap tanggung
jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1= tidak pernah, apabila
tidak melakukan.
Materi Pokok :
Kelas :
NO
|
NAMA
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
||||||
Melaksanakan tugas individu
dengan baik
|
Melaksanakan kerjasama kelompok
|
Menemukan ide menyelesaikan
masalah
|
Berdiskusi dalam kelompok
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran
pada pedoman observasi sikap spiritual
3.
Penilaian Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini di isi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta
didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya = apabila peserta didik
menunjukkan perbuatan sesuai aspek
pengamatan
Tidak = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai
aspek pengamatan
No
|
Nama
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
|||
Masuk kelas tepat waktu
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
Tidak ramai saat proses belajar
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran
Jawaban Ya diberi skor 1, dan jawaban Tidak diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor

Skor Tertinggi
Contoh:
Jika jawaban Ya sebanyak 3, maka diperoleh skor 3, dan skor
tertinggi 3 maka skor akhir adalah:

Peserta
didik nilai dapat menggunakan seperti dalam pedoman observasi sikap spiritual.
4. Penilaian
Unjuk Kerja
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut:
4 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi sangat baik
3 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi baik
2 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi kurang
1 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi sangat kurang
NO
|
NAMA
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
|||||
Penguasaan Materi
|
Menjelaskan ibadah kurban
|
Menjelaskan kurban dan akikah
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran:
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman
observasi sikapspiritual
2. Penilaian
pengetahuan
Guru melakukan penilaian kepada peserta didik dalam bentuk pilihan
ganda dan uraian
Uraian : Rubrik Penilaian
No
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
a.
Jika peserta didik dapat menjelaskan haji menurut arti dan bahasa dan
menurut Syar’i dengan sempurna, skor 20.
b.
Jika peserta didik dapat
menjelaskan haji menurut arti dan bahasa dan menurut Syar’i kurang sempurna, skor
10.
|
20
|
2
|
a. Jika peserta didik dapat menyebutkan syarat
wajib haji dan umrah dengan benar dan sempurna, skor 20.
b. Jika peserta didik dapat menyebutkan
syarat wajib haji dan umrah benar tetapi tidak sempurna, skor 10.
|
20
|
3
|
a. Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian
mampu dalam syarat wajib haji dengan
benar dan sempurna, skor 20.
b. Jika peserta didik dapat menjelaskan
pengertian mampu dalam syarat wajib
haji benar tetapi tidak sempurna, skor 10.
|
20
|
4
|
a. Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian
thawaf dan menyebutkan syaratnya dengan sempurna, skor 20.
b. Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian
thawaf dan menyebutkan syaratnya tidak sempurna, skor 10.
|
20
|
5
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan
bacaan talbiyah berikut artinya dengan sempurna,skor 20.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan
bacaan talbiyah berikut artinya kurang sempurna, skor 10.
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Instrumen Penilaian Kognitif
a. Tes Tertulis:
1. Jelaskan pengertian haji menurut arti
bahasa dan menurut syar’i!
2. Sebutkan syarat wajib haji dan umrah
bagi yang melaksanakannya!
3. Jelaskan pengertian mampu dalam syarat
wajib haji!
4. Jelaskan pengertian thawaf dan sebutkan
syaratnya!
5. Tulislah bacaan talbiyah berikut artinya!
b. Penskoran dan Penilaian
Nomor Soal
|
Skor
|
1
|
20
|
2
|
20
|
3
|
20
|
4
|
20
|
5
|
20
|
JUMLAH 100
|

skor maksimal
3. Penilaian
Keterampilan
Petunjuk:
Lembaran ini di isi oleh guru untuk menilai keterampilan peserta
didik dalam mengerjakan tugas.
NO
|
NAMA
|
Aspek Penilaian
|
|||||||
Ketepatan Waktu dalam mengumpulkan tugas
|
Mencari di internet tentang kurban dan akikah
|
||||||||
1
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a. Ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas
1 : Apabila siswa tidak tepat waktu dalam
mengumpulkan tugas.
2 : Apabila siswa kurang tepat waktu dalam
mengumpulkan tugas.
3 : Apabila siswa cukup tepat waktu dalam
mengumpulkan tugas.
4 : Apabila siswa tepat waktu dalam
mengumpulkan tugas.
b. Mencari tugas di internet.
1 : Apabila siswa tidak mencari tugas di
internet.
2 : Apabila siswa kurang mencari tugas di
internet.
3 : Apabila siswa cukup mencari tugas di
internet.
4 : Apabila siswa mencari tugas di
internet tepat.
Wynn casino near Phoenix: Now Open, Casino on the Rocks
ReplyDeleteWynn Las Vegas is open and excited to welcome back a This 부산광역 출장안마 is a casino 정읍 출장안마 hotel, hotel, 논산 출장안마 spa, 공주 출장안마 restaurants, 광명 출장안마 shops, spa, and salon that will remain open throughout