RPP FIKIH BAB KURBAN DAN AKIKAH KELAS X IIS
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/ Semester : X .A/ganjil
Materi
Pokok : Kurban dan Akikah
Alokasi Waktu : 2x 45 menit (1x Pertemuan)
Pertemuan : Pertama
I.
Kompetensi
Inti
KI-1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai)
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI-3 Memahami,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-3 Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang di pelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kidah keilmuan.
II.
Kompetensi
Dasar (KD)
1.5 Menghayati hikmah
perintah kurban dan akikah.
2.7 Membiasakan rasa peduli
kepada orang lain melalui kurban dan akikah.
3.7 Menganalisis tata cara
pelaksanaan kurban dan akikah serta hikmahnya.
4.7 Mendemonstrasikan
pelaksanaan kurban dan akikah sesuai syari’at.
III.
Indikator
Pembelajaran
1.
Menjelaskan
tata cara pelaksanaan kurban dan akikah.
2.
Mempraktikan
cara pelaksanaan kurban dan akikah.
3.
Menjelaskan
hikmah kurban dan akikah.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan
peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan
tata cara pelaksanaan kuraban dan akikah dengan benar.
2.
Mempraktikan
cara pelaksanaan kurban dan akikah dengan benar.
3.
Menjelaskan
hikmah kurban dan akikah dengan baik.
V.
Materi
Pembelajaran
A.
Ibadah Kurban
1.
Pengertian Kurban
Kurban adalah menyembelih hewan dengan niat beribadah untuk
mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan syarat dan waktu tertentu.
2.
Hukum Kurban
Seabgian ulama berpendapat bahwa berkurban itu hukumnya
wajib,sedangkan Jumhur Ulama (sebagian ulama besar) berpendapat bahwa berkurban
adalahn sunnah muakkad.
3.
Waktu dan Tempat Menyembelih Kurban
Waktu yang ditetapkan untukmenyembelih kurban yaitu sejak selesai
sholat Idul Adha (10 Dzulhijjah) sampai terbenam matahari 13 Dzulhijjah.
4.
Ketentuan Hewan kurban
Hewan yang dapat dipergunakan adalah unta, sapi, kerbau dan kambing
atau domba. Adapun hewan-hewan tersebut dapat dijadikan hewan kurban dengan
syarat telah cukup umur dan tidak cacat, misalnya pincang, sangat kurus atau
sakit. Seekor kambing atau domba hanya untuk kurban satu orang, sedangkan
seekor unta,sapi atau kerbau masing-masing untuk tujuh orang.
5.
Pemanfaatan Daging Kurban
Daging kurban sebaiknya dibagikan kepada fakir miskin berupadaging
mentah segar, sedang ketentuan sebagai berikut:
1)
1/3
untuk yang berkurban dan keluarganya
2)
1/3
untuk fakir miskin
3)
1/3
untuk hadiah kepada masyarakat sekitar atau disimpan agar sewaktu-waktu bisa
dimanfaatkan
6.
Sunah dalam Menyembelih
Pada waktu menyembelih hewan kurban, disunatkan:
a.
Melaksanakan
sunah-sunah yang berlaku pada penyembelihan biasa, seperti: membaca basmalah,
membaca sholawat, menghadapkan hewan ke arah kiblat, menggulingkan hewan ke
arah rusuk kirinya, memotong pada pangkal leher, serta memotong urat kiri dan
kanan leher hewan.
b.
Membaca
takbir (الله اكبر)
c.
Membaca
do’a sebagaimana do’a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW
d.
Orang
yang berkurban menyembelih sendiri hewan kurbannya. Jika ia mewakilkan kepada
orang lain,ia disunatkan hadir ketika penyembelihan berlangsung.
B.
Akikah
1.
Pengertian Akikah
Akikah adalah binatang yang disembelih pada saat hari ketujuh atau
kelipatan tujuh dari kelahiran bayidisertai mencukur rambut dan memberi nama
pada anak yang baru dilahirkan.
2.
Hukum Akikah
Akikah hukumnya sunat bagiorang tua atau orang yang mempunyai
kewajiban menanggung nafkah hidup si anak.
3.
Syari’at Akikah
Disyariatkan Akikah lebih merupakan perwujudan dari rasa syukur
akan kehadiran seorang anak. Sejauh ini dapat di telusuri, bahwa yang pertama
dilaksanakan akikah adalah dua orang saudara kembar,cucu Nabi Muhammad SAW. Dari
perkawinan Alibin Abi Thalib, yang bernama Hasan dan Husein.
4.
Jenis dan Syarat Hewan Akikah
Akikah untuk anak laki-laki dua ekor dan utuk anak perempuan
seekor. Adapun binatang yang dipotong untuk akikah, syarat-syartanya seperti
binatang yang dipotong untuk kurban. Kalau pada daging kurban disunatkan
menyedekahkan sebelum dimasak, sedangkan daging akikah sesudah dimasak.
5.
Waktu Penyembelihan Akikah
Penyembelihan akikah dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran
anak. Jika hari ketujuh telah berlalu, maka hendaklah menyembelih pada hari
keempat belas.jika hari keempat belas telah berlalu, maka hendaklah pada hari
kedua puluh satu.
VI.
Pendekatan/Model
Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Model :
Ceramah
Metode :
a.
Diskusi
Kelompok
b.
Tanya
Jawab
c.
Penugasan
VII.
Media,
Alat, dan Sumber Belajar
Media :
Slide Power Point
Alat dan Bahan Pembelajaran :
LCD, Spidol, Papan Tulis, Kertas
Sumber Pembelajaran :
1.
Buku
Paket Pedoman Guru Mapel Fiqih X MA Kemenag RI tahun 2014
2.
Buku
Pegangan Siswa Mapel Fiqih X MA Kemenag RI 2014
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
||
1.
|
Kegiatan awal/pendahuluan
|
menit
|
||
|
a.
|
Guru memasuki kelas, kemudian mengucapkan salam dan berdo’a untuk
mengawali pelajaran
|
15 Menit
|
|
|
b.
|
Guru menyapa siswa
|
|
|
|
c.
|
Guru mengabsen siswa untuk mengetahui daftar hadir siswa
|
|
|
|
d.
|
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
e.
|
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menjelaskan tentang
kegiatan yang akan dilakukan peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
||
|
a.
|
Observing ( mengamati).
|
|
|
|
|
-
|
Peserta didik mengamati dan membaca tayangan slide power point materi
yang diajarkan
|
|
|
|
-
|
Guru membagi kelas menjadi dua kelompok dan membagi dua topik yang
berbeda
|
|
|
b.
|
Questioning
(Menanya)
|
|
|
|
|
-
Siswa menanyakan hal-hal yang terkait dengan slide
power point
|
|
|
|
|
-
|
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan
membagi kelompok diskusi untuk membahas studi fikih tentang ibadah kurban dan
akikah
|
|
|
c.
|
Eksplorasi
|
|
|
|
|
-
|
Guru memfasilitasi peseta didik dan memberi kesempatan untuk
mengungkapkan ide, pendapat, dan tanggapan dalam diskusi serta
mendokumentasikan secara tertulis pada masing-masing kertas kerja.
|
|
|
|
-
|
Guru mempersilahkan peserta didik belajar dalam kelompoknya.
|
|
|
d.
|
Eksperimen (Mencoba)
|
|
|
|
|
-
|
Masing-masing
kelompok menjelaskan tentang topik yang diperoleh
|
|
|
e.
|
Comunication (Mengkomunikasikan)
|
|
|
|
|
-
-
|
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai topik yang di peroleh
Peserta
didik dari kelompok lain menanggapi.
|
|
|
|
-
|
Guru
memberikan konfirmasi dari setiap jawaban yang disampaikan.
|
|
3.
|
Kegiatan
akhir
|
15 menit
|
||
|
a.
Guru memfasilitasi
peserta didik untuk melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah
dipelajari dan kesulitan yang dihadapipeserta didik
b.
Guru memberikan
evaluasi kepada peserta didik
c.
Guru memberikan tugas
untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar kurban dan akikah
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan membaca hamdalah
bersama sama kemudian mengucapkan hamdalah bersama-sama dan keluar dari ruang
kelas
|
|
IX.
Penilaian
pembelajaran
1.
Jenis/teknikpenilaian
(Unjuk kerja / Kinerja melakukan Praktikum /Sikap)
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
(Daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar
penilaian sikap/Lembar observasi/ Pertanyaan langsung/ Laporan pribadi/
Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/ Lembar penilaian portofolio)
3.
Pedoman
penskoran (terlampir)
1.
Skala sikap:
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam
Pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi.
NO
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor Maks
|
Tindak Lanjut
|
|||
aktif
|
kerjasama
|
T
|
TT
|
|
R
|
P
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
T : Tuntas mencapai
nilai... (disesuaikan dengan nilai KKM)
TT : Tidak tuntas jika
nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remidial
P : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian :
1.
Kejelasan
dan kedalaman informasi
a.
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20
c.
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, 10
2.
Keaktifan
dalam diskusi
a.
Jika
kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30
b.
Jika
kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20
c.
Jika
kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi, skor 10
3.
Kejelasan
dan kerapian presentasi
a.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40
b.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30
c.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan kurang rapi, skor 20
d.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan kurang jelas dan kurang rapi,
skor 10
a.
Penilaian Sikap
1.
Penilaian Observasi Sikap Sosial
NO
|
NAMA
|
Keterbukaan
|
Ketekunan Belajar
|
Kerajinan
|
Tenggang Rasa
|
Kedisiplinan
|
Kerja sama
|
Ramah dg teman
|
Hormat kpd Guru
|
Kejujuran
|
Menempati Janji
|
Kepedulian
|
Tanggung Jawab
|
Jumlah Nilai
|
Nilai Rata-rata
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
13
|
14
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
5 : A (Amat baik)
4 : B (Baik)
3 : C (Cukup)
2 : D (Kurang)
1 : E (Sangat Kurang)
2.
Penilaian Observasi Sikap Sosial (Tanggung
Jawab)
Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik
dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolm skor sesuaisikap tanggung
jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1= tidak pernah, apabila
tidak melakukan.
Materi Pokok :
Kelas :
NO
|
NAMA
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
||||||
Melaksanakan tugas individu
dengan baik
|
Melaksanakan kerjasama kelompok
|
Menemukan ide menyelesaikan
masalah
|
Berdiskusi dalam kelompok
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran
pada pedoman observasi sikap spiritual
3.
Penilaian Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini di isi oleh guru untukmenilai sikap sosialpeserta
didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya = apabila peserta didik
menunjukkan perbuatan sesuai aspek
pengamatan
Tidak = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai
aspek pengamatan
No
|
Nama
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
|||
Masuk kelas tepat waktu
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
Tidak ramai saat proses belajar
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran
Jawaban Ya diberi skor 1, dan jawaban Tidak diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor
x
4 = skor akhir
Skor Tertinggi
Contoh:
Jika jawaban Ya sebanyak 3, maka diperoleh skor 3, dan skor
tertinggi 3 maka skor akhir adalah:
Peserta
didik nilai dapat menggunakan seperti dalam pedoman observasi sikap spiritual
4. Penilaian
Unjuk Kerja
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap sosialpeserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuaisikapjujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut:
4 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi sangat baik
3 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi baik
2 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi kurang
1 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi sangat kurang
NO
|
NAMA
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
|||||
Penguasaan Materi
|
Menjelaskan ibadah kurban
|
Menjelaskan kurban dan akikah
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran:
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman
observasi sikapspiritual
2. Penilaian
pengetahuan
Guru melakukan penilaian peserta didik dalam kegiatan “Uji Kompetensi”:
Ketentuan:
Skor penilaian untuk pilihan ganda 0,1x10 =1
Skor penilaian secara singkat 0,1x10 =1
Skor penilaian uraian 0,4x5 =2,00
Izin Copy
ReplyDeleteIzin copy ya mbak
ReplyDelete