RPP FIKIH BAB KONSEP FIKIH DAN IBADAH KELAS X IIS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                          :  Madrasah Aliyah                                
Mata Pelajaran               :  Fikih
Kelas/ Semester              :  X .A/ganjil
Materi Pokok                 : Konsep Fikih dan Ibadah dalam Islam
Alokasi Waktu               :  2x 45 menit (1x Pertemuan)
Pertemuan                      : -
I.     Kompetensi Inti
KI-1    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-3    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kidah keilmuan.
II.     Kompetensi Dasar (KD)
1.1.       Meyakini kesempurnaan agama islam melalui kompleksitas aturan fikih
1.2.       Mematuhi hukum fikih dalam ibadah dan syari’ah
1.3.       Memahami konsep fikih dalam islam
1.4.       Menyajikan konsep fikih islam
III.     Indikator Pembelajaran
1.        Menjelaskan konsep fikih dalam islam.
2.        Menjelaskan ruang lingkup fikih.
3.        Menjelaskan perbedaan fikih, syari’ah dan ibadah.
4.        Menjelaskan macam-macam ibadah dan karakteristiknya.
5.        Melakukan ibadah berdasarkan aturan fikih.
IV.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu:
1.      Menjelaskan konsep fikih dengan benar.
2.      Menjelaskan ruang lingkup fikih dengan benar.
3.      Menjelaskan perbedaan fikih, syari’ah dan ibadah dengan benar.
4.      Menjelaskan macam-macam ibadah dan karakteristiknya dengan benar.
5.      Mempraktikkan ibadah berdasarkan aturan fikih.
V.     Materi Pembelajaran
A.    Konsep Fikih dalam Islam
Fikih adalash ilmu tentang hukum syara’ yang bersifat praktis yang diperoleh melalui dalil yang terperinci. Ulama fikih sendiri mendenifisikan fikih sebagai sekumpulan hukum amaliyah (yang akan dikerjakan) yang disyari’atkan dalam islam. Dalam hal ini kalangan fuqaha membaginya menjadi dua pengertian, yakni: Pertama, memelihara hukum  furu’ (hukum keagamaan yang tidak pokok) secara (mutlak) seluruhnya atau sebagiannya. Kedua, materi hukum itu sendiri, baik yang bersifat qath’i maupun yang bersifat dzanni
B.     Ruang Lingkup Fikih
Ruang lingkupyang terdapat pada ilmu fikih adalah semuahukum yang berbentuk amaliyah untuk diamalkan oleh setiap mukallaf (orang yang sudah di bebani atau diberi tanggung jawab melaksanakan ajaran agama islam dengan tanda-tanda sepeerti, baligh, berakal, sadar, sudah masuk islam)
C.    Perbedaan Fikih dengan Syari’at
Syari’at adalah teks-teks suci yang bebas daeri kesalahan,baik isi maupun keautentikannya, yang dirinya bersumber pemahaman ulamayang mendalam yang menghasilkan kesimpulan hukum-hukum amaliah (fikih). Upaya untuk memahami teks-teks suci yang dilakukan oleh para ulama untuk menghasilkan hukum sesuatu inilah yang dikenal sebagai ijtihad. Dengan kata lain, fikih merupakan hasil ijtihad para ulama yang tentu kualitasnya tidak bisa disamakan dengan kesucian dua halyang menjadi sumbernya, yakni alqur’an dan al-Sunnah.
Syari’ah
Fikih
Bersumber dari al-qur’an dan hadist serta kesimpulan-kesimpulan yang diambil dari keduanya
Bersumber dari para ulama dan ahli Fikih, tetapi tetap merujuk  pada Al-qur’an dan Hadist
Hukumnya bersifat qath’i  (pasti)
Hukumnya bersifat dzanni (dugaan)
Hukum Syari’atnya hanya satu (Universal) tetapi harus ditaati oleh semua umat Islam
Berbagai ragam cara pelaksanaanya
Tidak ada campur tangan  manusia (ulama) dalam menetapkan hukum
Adanya campur tangan (ijtihad) parsa ulama dalam penetapan pelaksanaan hukum

Lah Syari’ah yaitu:
1.    Untuk memelihara agama (Hifdz al-Din)
2.    Untuk memelihara jiwa (Hifdz al Nafs)
3.    Untuk memelihara akal (Hifdz al-‘Aql)
4.    Untuk memelihara keturunan (Hifdz al-Nasl)
5.    Untuk memelihara harta (Hifdz al-Mal)
D.    Ibadah dan Karakteristiknya
Ibadah adlah semua bentuk pekerjaan yang bertujuan memperoleh ridha Allah dan mendambakan pahala dari-Nya di akhirat.
Macam-macam Ibadah, secara garis besar ibadah dibagi menjadi dua yaitu: ibadah khassah (khusus) atau mahdhah dan ibadah ‘ammah (umum) atau ghairi mahdhah
a.      Ibadah Mahdhah
Adalah ibadah yang khusus berbentuk praktik atau perbuatan yang menghubungkan antara hamba dan Allah melalui cara yang telah ditentukan dan diatur atau dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu pelksanaan dan bentuk ibadah ini sangat ketat, yaitu harus sesuai dengan contoh dari Rasulullah seperti, shalat, zakat, puasa, dan haji.
b.      Ibadah Ghairu Mahdhah
Adalah ibadah umum berbentuk hubungan sesama manusiadan manusia dengan alam yang memiliki nilai ibadah. Ibadah ini tidak ditentukan cara dan syarat secara detail, diserahkan kepada manusia sendiri. Islam hanya memberi perintah atau anjuran,dan prinsi-prinsip umum saja. Misalnya: menyantuni fakir miskin,mencari nafkah, bertetangga, bernegara, tolong menolong, dan lain-lain.
Prinsip-prinsip Ibadah dalam Islam
Ibadah yang di syari’atkan oleh Allah SWT, dibangun atas landasan yang kokoh, yaitu:
a.       Niat lillahi ta’ala
b.      Ibadah yang tulus kepada Allah SWT, semata haruslah bersih dari noda-noda kesyirikan. Apabila sedikit saja dari kesyirikan bercampur dengan ibadah, maka rusaklah ibadah itu.
c.       Keharusan untuk menjadikan Rasulullah SAW. Sebagai teladan dan pembimbing dalam ibadah
d.      Ibadah itu memiliki batas kadar dan waktu yang tidak boleh dilampaui
e.       Keharusan menjadikan ibadah dibangun atas kcintaan, ketundukan, ketakutan dan pengharapan kepada Allah SWT
f.       Seimbang antara dunia dan akhirat, artinya proporsional tidak hanya semata-mata kehidupan dunia juga tidak dilupkan sebagai sarana beribadah kepada Allah SWT.
g.      Ibadah tidaklah gugur kewajibannya pada manusia sejak baligh dalamkeadaan berakal sampai meninggal dunia.
Tujuan Ibadah dalam Islam
Tujuan ibadah adalh untuk membersihkan dan menyucikan jiwa dengan mengenal dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Serta mengharapkan ridha dari Allah SWT. Sehingga ibadah disamping untuk kepentingan yang bersifat ukhrawi juga untuk kepentingan dan kebaikan bagi diri sendiri, keluarga juga masyarakat yang bersifat duniawi.
VI.     Pendekatan/Model Pembelajaran
Pendekatan             : Saintifik
Model                     : Ceramah
Metode                   :
a.         Diskusi Kelompok
b.        Tanya Jawab
c.         Penugasan
VII.     Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media                                             : Slide Power Point
Alat dan Bahan Pembelajaran        : LCD, Spidol, Papan Tulis, Kertas
Sumber Pembelajaran                                 :
1.        Buku Paket Pedoman Guru Mapel Fiqih X MA Kemenag RI tahun 2014
2.        Buku Pegangan Siswa Mapel Fiqih X MA Kemenag RI 2014
VIII.     Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan awal/pendahuluan
menit

a.
Guru memasuki kelas, kemudian mengucapkan salam dan berdo’a untuk mengawali pelajaran
15 Menit

b.
Guru menyapa siswa


c.
Guru mengabsen siswa untuk mengetahui daftar hadir siswa


d.
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran


e.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menjelaskan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik





2.
Kegiatan Inti
60 menit

a.
Observing ( mengamati).



-
Peserta didik mengamati dan membaca tayangan slide power point materi yang diajarkan



-
Guru membagi kelas menjadi delapan kelompok diskusi untuk membahas studi fikih tentang ketentuan zakat dalam islam.


b.
Questioning (Menanya)



-         Siswa menanyakan hal-hal yang terkait dengan slide power point



-
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan studi fikih tentang ketentuan zakat dalam islam.


c.
Eksplorasi



-
Guru memfasilitasi peseta didik dan memberi kesempatan untuk mengungkapkan ide, pendapat, dan tanggapan dalam diskusi serta mendokumentasikan secara tertulis pada masing-masing kertas kerja.



-
Guru mempersilahkan peserta didik belajar dalam kelompoknya.


d.
Eksperimen (Mencoba)



-
Masing-masing kelompok menjelaskan tentang topik yang diperoleh


e.
Comunication (Mengkomunikasikan)



-

Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai topik yang di peroleh
Peserta didik dari kelompok lain menanggapi.



-
Guru memberikan konfirmasi dari setiap jawaban yang disampaikan.


3.
Kegiatan akhir
15 menit

a.  Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah dipelajari dan kesulitan yang dihadapipeserta didik
b. Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
c.  Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar kurban dan akikah
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan membaca hamdalah bersama sama kemudian mengucapkan hamdalah bersama-sama dan keluar dari ruang kelas


IX.     Penilaian pembelajaran
1.      Jenis/teknikpenilaian
(Unjuk kerja / Kinerja melakukan Praktikum /Sikap)
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
(Daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar observasi/ Pertanyaan langsung/ Laporan pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/ Lembar penilaian portofolio)
3.      Pedoman penskoran (terlampir)
1.    Skala sikap:
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam
Pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi.
NO
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor Maks
Nilai
Ketuntasan
Skor Maks
Tindak Lanjut
aktif
kerjasama
T
TT

R
P
























































Keterangan :
T       : Tuntas mencapai nilai... (disesuaikan dengan nilai KKM)
TT     : Tidak tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R       : Remidial
P       : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian :
1.        Kejelasan dan kedalaman informasi
a.         Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi  lengkap dan sempurna, skor 30.
b.         Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi  lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c.         Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi  kurang lengkap, 10.
2.        Keaktifan dalam diskusi
a.         Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b.         Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c.         Jika kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3.        Kejelasan dan kerapian presentasi
a.         Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b.         Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c.         Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan kurang rapi, skor 20.
d.        Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan kurang jelas dan kurang rapi, skor 10.
a.    Penilaian Sikap
1.    Penilaian Observasi Sikap Sosial

NO
NAMA
Keterbukaan
Ketekunan Belajar
Kerajinan
Tenggang Rasa
Kedisiplinan
Kerja sama
Ramah dg teman
Hormat kpd Guru
Kejujuran
Menempati Janji
Kepedulian
Tanggung Jawab
Jumlah Nilai
Nilai Rata-rata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

13
14
15

































Keterangan:
5   : A (Amat baik)
4   : B (Baik)
3   : C (Cukup)
2   : D (Kurang)
1   : E (Sangat Kurang)
2.    Penilaian Observasi Sikap Sosial   (Tanggung Jawab)
Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolm skor sesuaisikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4=  selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1=   tidak pernah, apabila tidak melakukan.

Materi Pokok       :
Kelas                   :
NO
NAMA
Aspek Pengamatan
Skor
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Melaksanakan kerjasama kelompok
Menemukan ide menyelesaikan masalah
Berdiskusi dalam kelompok
1
2
3
4









































                        Petunjuk Penskoran
                        Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual
3.    Penilaian Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini di isi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya     = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek    pengamatan
Tidak = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
No
Nama
Sikap yang diamati
Melakukan
Masuk kelas tepat waktu
Mengumpulkan tugas tepat waktu
Tidak ramai saat proses belajar
Ya
Tidak
1






2








Petunjuk penskoran
Jawaban Ya diberi skor 1, dan jawaban Tidak diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
                                  Skor               
                                                          x 4 = skor akhir
                       Skor Tertinggi
Contoh:
Jika jawaban Ya sebanyak 3, maka diperoleh skor 3, dan skor tertinggi 3 maka skor akhir adalah:
                                 
Peserta didik nilai dapat menggunakan seperti dalam pedoman observasi sikap spiritual


4.    Penilaian Unjuk Kerja
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = Apabila kemampuan siswa menguasai materi sangat baik
3 = Apabila kemampuan siswa menguasai materi baik
2 = Apabila kemampuan siswa menguasai materi kurang
1 = Apabila kemampuan siswa menguasai materi sangat kurang
NO
NAMA
Aspek Penilaian
Skor
Penguasaan Materi
Menjelaskan ibadah kurban
Menjelaskan kurban dan akikah
1
2
3
4
1








2








3









Petunjuk penskoran:
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikapspiritual
2.    Penilaian pengetahuan
Guru melakukan penilaian kepada peserta didik dalam bentuk pilihan ganda dan uraian
Uraian : Rubrik Penilaian
No
Rubrik Penilaian
Skor
1
a.    Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian syari’ah dengan sempurna, skor 20.
b.     Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian syari’ah kurang sempurna, skor 10.

20
2
a.    Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian fikih dengan benar dan sempurna, skor 20.
b.    Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian fikih dengan benar tetapi tidak sempurna, skor 10.

20
3
a.    Jika peserta didik dapat menjelaskan ruang lingkup fikih dengan benar dan sempurna, skor 20.
b.    Jika peserta didik dapat menjelaskan ruang lingkup fikih dengan benar tetapi tidak sempurna, skor 10.


20
4
a.     Jika peserta didik dapat menjelaskan macam-macam ibadah  dengan sempurna, skor 20.
b.     Jika peserta didik dapat menjelaskan macam-macam ibadah tidak sempurna,  skor 10.


20
5
a.    Jika peserta didik dapat menjelaskan tujuan syari’ah disertai dengan dalil, dengan sempurna,skor 20.
b.    Jika peserta didik dapat menjelaskan tujuan syari’ah disertai tanpa dalil dengan sempurna, skor 10.

20
   Jumlah
100

Instrumen Penilaian Kognitif
a.    Tes Tertulis:
1.    Jelaskan pengertian syari’ah menurut bahasa dan istilah!
2.    Jelaskan pengertian fikih!
3.    Apa saja yang menjadi ruang lingkup Fikih!
4.    Ibadah di bedakan menjadi du, sebut dan jelaskan!
5.    Jelaskan perbedaan fikih dengan syari’at!
b.    Penskoran dan Penilaian
Nomor Soal
Skor
1
20
2
20
3
20
4
20
5
20
JUMLAH                100








Nilai= Jumlah skor yang diperoleh (pilhan ganda dan uraian)     x 100
                                                            skor maksimal

3.    Penilaian Keterampilan
Petunjuk:
Lembaran ini di isi oleh guru untuk menilai keterampilan peserta didik dalam mengerjakan tugas.






NO
NAMA
Aspek Penilaian
Ketepatan Waktu dalam mengumpulkan tugas
Mencari di internet tentang kurban dan akikah
1

1
2
3
4
1
2
3
4
2









3










Keterangan:
a.       Ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas
1     : Apabila siswa tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
2     : Apabila siswa kurang tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
3     : Apabila siswa cukup tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
4     : Apabila siswa tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
b.      Mencari tugas di internet.
1     : Apabila siswa tidak mencari tugas di internet.
2     : Apabila siswa kurang mencari tugas di internet.
3     : Apabila siswa cukup mencari tugas di internet.
4     : Apabila siswa mencari tugas di internet tepat.


                                                                                         

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan KKN Prodi PAI

RPP FIKIH BAB PENGURUS JENAZAH KELAS X IIS

RPP FIKIH BAB HAJI DAN UMRAH KELAS X IIS