Contoh Laporan KKN Prodi PAI


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT atas Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penyusunan laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pati Tahun 2016 di Desa Pecangaan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati dapat diselesaikan.
Laporan ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pati Tahun 2016 dan merupakan evaluasi dari Program Kerja yang didalamnya disajikan acuan untuk melihat sejauh mana keterlibatan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu dan pengabdiannya kepada masyarakat. Demikian pula bagaimana sikap dan respon masyarakat terhadap peserta KKN selama menempati lokasi Kuliah Kerja Nyata tesebut. Melalui laporan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1.      Ayahanda Rektor STAI Pati beserta pihak LP3M STAI Pati Tahun 2016 yang telah memberikan pembekalan sebelum pemberangkatan serta telah berupaya keras didalam pelaksanaan KKN ini.
2.      Bapak Camat Batangan beserta jajarannya yang telah menerima kami dengan baik dan senantiasa memberikan arahan dalam program kerja kami.
3.      Bapak Kepala Desa Pecangaan, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Pecangaan, Sekretaris Desa Pecangaan beserta jajarannya dan tak lupa pula masyarakat Desa Pecangaan yang telah banyak memberikan bantuan baik moril maupun materil dalam pelaksanaan program kerja KKN STAI Pati sehingga berjalan dengan baik.
4.      Bapak Aswadi, S.Ag, S.Pd, M.Si, selaku Dosen Pembimbing Lapangan Mahasiswa KKN STAI Pati Tahun 2016 Desa Pecangaan Kecamatan Batangan yang telah banyak memberikan bimbingan dan motivasi kepada kami dalam berkarya dan melaksanakan program kerja, serta memberikan sumbangsih sebagai donatur dalam pelaksanaan program kerja kami.
5.      Bapak H. Salim beserta keluarga, Pengurus Masjid dan Mushola  desa Pecangaan, Tokoh-Tokoh Masyarakat desa Pecangaan, serta rekan-rekan Pemuda dan Remaja yang telah bekerjasama dengan kami dalam pelaksanaan Program Kerja kami selama 1 bulan.
6.      Korcam dan Rekan-Rekan KKN STAI Pati Tahun 2016 yang berlokasi di Kecamatan Batangan atas kekompakan dan kerja sama yang baik sesama peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Demikian laporan ini kami susun, semoga dapat memberikan konstribusi pemikiran kepada seluruh masyarakat agar menjadi bahan pertimbangan untuk melaksanakan segala aspek pembangunan di Kecamatan Batangan pada umumnya dan Desa Pecangaan khususnya.
Akhirnya dengan segala kerendahan hati kami memohon maaf yang sedalam-dalamnya bilamana dalam pelaksanaan KKN ini terdapat kekeliruan dan kesalahan yang tidak kami sengaja.
Terima kasih semoga aktivitas kita senantiasa mendapat Rahmat dari Allah SWT dan bernilai ibadah di sisi-Nya, Amin.
Batangan, 3 Agustus 2016
Kordes Pecangaan


SUSI ANGGELITA




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi dan merupakan salah satu kegiatan akademik yang bersifat intrakurikuler yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa dari suatu tingkatan studi tertentu yang mana merupakan pengabdian masyarakat untuk mengetahui kemampuan dan bobot disiplin serta kemampuan yang diperoleh oleh mahasiswa pada suatu perguruan tinggi.
Dalam pelaksanaan KKN yang dirumuskan dalam program kerja tidak berarti bertujuan untuk merubah pola hidup masyarakat pedesaaan menjadi perkotaan, karena masyarakat perkotaan bukanlah suatu yang ideal. Terdapat kekurangan yang prinsipil dalam arti masyarakat perkotaan yang merupakan konsekuensi dari kehidupan kota yaitu nilai individual yang begitu menonjol. Kekurangan tersebut merupakan kelebihan dari masyarakat pedesaan yang perlu dipertahankan yaitu nilai sosial dalam kehidupan masyarakat. Masalah utama dari masyarakat pedesaan adalah masih kurangnya fasilitas yang menunjang kehidupan dalam pola pikir masyarakat yang bermuara pada masih rendahnya standar dan kualitas hidup masyarakat desa.
Pembangunan pedesaan merupakan sentral atau bagian terpenting yang tidak dapat terpisahkan dalam pembangunan nasional karena 80% penduduk di Indonesia bertempat tinggal di pedesaan. Orientasi utama dari pelaksanaan KKN adalah membangun pola pikir masyarakat agar lebih maju dan berusaha membantu pembangunan fasilitas kehidupan menuju peningkatan standar dan kualitas dengan tetap berusaha mempertahankan nilai-nilai sosial masyarakat. KKN juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan apa yang diperolehnya di perguruan tinggi. Oleh karena itu, KKN bukan hanya pengaplikasian pengetahuan akademik tetapi juga pengetahuan yang diperoleh dari aktifitas organisasi kampus.
B.    Tujuan KKN
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan intrakurikuler dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan dan pengalaman kepada mahasiswa sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat. Oleh karena itu pelaksanaannya membutuhkan lokasi yang tepat dan pelaksanaannya memerlukan keterlibatan masyarakat, sehingga realisasi yang diharapkan di lapangan nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang bersangkutan.


Pada dasarnya tujuan dari pelaksanaan KKN yaitu:
1.    Mahasiswa akan mempunyai pengalaman bekerja yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan pembangunan secara pragmatis dan interdisipliner.
2.    Memberikan pendidikan kesiplinan dan sosial kemasyarakatan pada mahasiswa.
3.    Membantu masyarakat dalam aktivitas keseharian dan melancarkan pembangunan di lokasi masing-masing.
Dengan demikian, melalui KKN akan terlihat bahwa perguruan tinggi bukan merupakan suatu kelembagaan yang terpisah dari masyarakat, tetapi merupakan suatu keterkaitan dan saling berinteraksi baik secara fisik maupun emosional antara perguruan tinggi dengan masyarakat. Hal ini disebabkan agar perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni akan terasa lebih nyata.
Hal tersebut juga didukung dengan asas-asas yang diterapkan dalam mengabdikan diri terhadap masyarakat. Asas-asas tersebut antara lain:
1.    Asas kelembagaan.
2.    Asas amaliah dan amal ilmiah.
3.    Asas inisiatif, inovatif dan kreatif.
4.    Asas kerjasama.
5.    Asas edukatif.
6.    Asas kesinambungan.
C.    Rencana Kegiatan KKN
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada lima hari pertama kemudian disusun dalam bentuk rencana kegiatan atau program yang mana program tersebut benar-benar dibutuhkan masyarakat. Adapun program yang kami rencanakan selama kegiatan KKN lebih berkonsentrasi pada Aspek Pendidikan, Kesehatan, Keagamaan, serta Aspek Sosial yaitu:
1.    Mengikuti Idaroh/ Yasinan/ Tahlil
2.    Pelatihan ketrampilan membuat tas dari bungkus minuman sachet
3.    Gema sholawat dalam perayaan sedekah bumi
4.    Membantu terbentuknya organisasi Yurbathul Syabb (Ikatan Remaja)
5.    Bhakti Sosial
6.    Pelayanan K3 dengan memfasilitasi pengajuan bantuan tong sampah
7.    Mengadakan lomba dalam memperingati hari pahlawan
8.    Pembinaan PAUD  dalam pelatihan senam dan pembelajaran di kelas
9.    Pembinaan TK  dalam pelatihan senam dan pembelajaran di kelas
10.  Pelatihan Senam umum uintuk masyarakat
11.  Pelatihan Pramuka
12.  Pelatihan Rebana
13.  Bimbingan Belajar
14.  Bimbingan baca tulis Al-Qur’an
D.    Tempat Pelaksanaan KKN
Wilayah pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pati, berlokasi di Kecamatan Batangan yang terdiri atas 18 Desa, yaitu :
1.    Raci
2.    Ketitang Wetan
3.    Mangun Legi
4.    Lengkong
5.    Bumi Mulyo
6.    Jembangan
7.    Kuniran
8.    Kedalon
9.    Batur Sari
10.     Klayu Siwalan
11.     Bulu Mulyo
12.     Tompo Mulyo
13.     Gunung Sari
14.     Tlogo Mojo
15.     Ngening
16.     Suko Agung
17.     Pecangaan
18.     Gajah Kumpul
Dan pada kesempatan ini kami selaku peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2016 ditempatkan di Desa Pecangaan dengan beranggotakan sebanyak 10 orang, dari berbagai jurusan yang ada di kampus STAI Pati.
E.    Waktu Pelaksanaan KKN
Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pati di bagi dalam empat tahap yaitu  :
1.    Pembekalan KKN dilaksanakana pada tanggal 19 Oktober  2016.
2.    Pembentukan Kelompok dan Bimbingan DPL dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober  2016.
3.    Pelepasan oleh Bapak Ketua STAI Pati tanggal 22 Oktober 2016.
4.    Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di lapangan akan dimulai dari tanggal 22 Oktober  sampai dengan 27 November 2016.



F.   Rencana Kegiatan Penyelenggaraan Program KKN
Segala sesuatu tentunya dibutuhkan suatu perencannan sehingga dalam pelaksanaan tidak terjadi kekurangan. Berhasil tidaknya suatu kegiatan tergantung pada kesiapan pelaksana dalam melaksanakan kegiatan tersebut termasuk didalamnya mempersiapkan pelaksanaan kegiatan.
KKN Pemberdayaan merupakan proses pelaksanaan KKN yang lebih mengedepankan upaya untuk melakukan pendampingan terhadap masyarakat dengan target akhir tercapainya kedewasaan atau kemandirian masyarakat dalam menghadapi problematika kehidupan sosial. Posisi KKN tidak menjadi dewa penyelamat masyarakat, tetapi lebih pada sebagai fasilitator bagi masyarakat dalam upaya menemukan persoalan masyarakat.
KKN berusaha untuk mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan program dan kegiatan KKN baik itu pengabdian masyarakat ataupun pemberdayaan. Jika tim KKN mengikuti kegiatan masyarakat, tim KKN berpartisipasi untuk mengisi acara atau lain sebagainya. Dan untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh KKN, tim berusaha untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang akan digunakan oleh masyarakat guna tercapainya kegiatan yang baik dan berhasil.
Proses persiapan pelaksanaan kegiatan KKN ini dilakukan dengan silaturahim ke  obyek KKN. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan mendalami lebih jauh tentang kondisi obyek KKN. Selain itu proses persiapan juga dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisa kebutuhan yang ada.
Perencanaan kegiatan periode 22 Oktober s.d. 27 November 2016 adalah sebagai berikut :
Waktu
Deskripsi kegiatan
22 Oktober 2016
Penempatan mahasiswa KKN di Desa Pecangaan
22-26 Oktober 2016
Observasi sekaligus mencari informasi tentang keadaan Desa Pecangaan
27 Oktober 2016
Rapat rencana program kerja KKN
28 Oktober 2016
Silaturahim dengan aparat desa dan tokoh masyarakat dalam rangka sosialisasi kegiatan
30-31 Oktober 2016
Identifikasi potensi dan permasalahan Desa Pecangaan Kecamatan Batangan
1-22 November 2016
Pelaksanaan program
23-25 November 2016
Penyusunan laporan KKN
26 November 2016
Pamit dengan aparat desa
27 November 2016
Kembali ke kampus
BAB II
PROSES KEGIATAN KKN

A.    Pemberdayaaan Potensi Sosial Keagamaan
1.      Luas Wilayah                                                             : 62      Ha
-          Lahan Tambak                                                     : 42                  Ha
-          Tanah umum (jalan, makam, sungai, dll)             :  20    
Ha
2.      Letak Geografis
Batas wilayah desa :
-          Sebelah utara                    : Laut Jawa
-          Sebelah timur                   : Desa Tunggul Sari Kaliori Rembang
-          Sebelah selatan                 : Desa Batur Sari
-          Sebelah barat                    : Desa Mangun Legi
3.      Sarana Pemerintahan
-          Pembagian Wilayah Desa
a.       Dusun                        : 1
b.      RW                            : 2
c.       RT                             : 7
-          Jumlah Aparat Pemerintah Daerah
a.       Kepala Desa              : 1
b.      SekDes                      : 1
c.       Kasi dan Kaur           : 6
d.      Kadus                        : 1
-          Jumlah Lembaga Desa
a.       BPD                          : 5
b.      LPMD                       : 5
c.       PKK                          : 20
4.      Kependudukan
-          Laki-laki                           : 2360 jiwa
-          Perempuan                       : 2378 jiwa
-          Jumlah                              : 4738 jiwa
5.      Agama
-          Islam                                : 4737 Jiwa
6.      Mata Pencaharian
-          Petani                               :   320 Jiwa
-          Buruh Tani                       : 1276 Jiwa
-          Pengusaha                        :       5 Jiwa
-          Buruh Industri                 :   214 Jiwa
-          Buruh Bangunan              :   329 Jiwa
-          Jasa Agkutan                    :       6 Jiwa
-          Pedagang                         :    17 Jiwa
-          PNS/TNI                          :    26 Jiwa
-          Pensiunan                         :      6 Jiwa
Jumlah                              : 2199 Jiwa
7.      Jumlah Sarana Pendidikan
-          TK dan RA                      : 1 Unit
-          SD                                    : 1 Unit
-          Sekolah Lainnya              : 1 Unit
8.      Kependidikan
a.       Usia Sekolah                     : 315 Jiwa
b.      Tamat Perguruan Tinggi    :   40 Jiwa
c.       Tamat SLTA                     : 210 Jiwa
d.      Tidak Tamat SD/SLTP      : 985 Jiwa
9.      Sarana Peribadatan
-          Masjid                              : 2
-          Musholla                          : 2

B.     Pembentukan Kordes
Kordes adalah Koordinator Desa, artinya Kordes disini bertugas mengetuai Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam desa tersebut. Untuk pembentukan atau pemilihan Kordes dalam KKN ini langsung di tunjuk oleh pihak kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pati.


C.    Proses Pelaksanaan Program
Program yang terealisasi dilapangan selama melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebagai berikut:
  1. Bidang Agama, sebagai Program wajib yang bersifat kolektif
a)      Mengisi  Tausiyah
Mengisi  tausiyah dilaksanakan setiap ada kegiatan jam’iyah idaroh/tahlil/dziba di desa Pecangaan. Adapun jadwal idaroh/tahlil/dziba di desa Pecangaan adalah sebagai berikut:
HARI
WAKTU
TEMPAT
KEGIATAN
Sabtu
18:30 WIB
·  RT.01
·  RT.03
·  RT.07
Idaroh/Tahlil
Ahad
18:30 WIB
Desa Pecangaan
Tahlil dan Dziba umum
Senin
18:30 WIB
Desa Pecangaan
Tahlil umum
Rabu
18:30 WIB
·     RT.02
·     RT.06
Idaroh/Tahlil
Kamis
18:30 WIB
·  RT.04
·  RT.05
Idaroh/Tahlil

b)      Bimbingan Baca Tulis Al-qur’an
Bimbingan baca tulis Al-qur’an adalah kegiatan yang rutin dilakukan setiap selesai melaksanakan jama’ah sholat maghrib di musholla. Adapun anak-anak yang kami bimbing adalah santriwan santriwati TPQ Miftahul Huda. Kegiatan ini berjalan dengan baik.
c)      Sholawat Nariyah Kubro
Dalam rangka meramaikan sedekah bumi desa Pecangaan, kami mengadakan sholawat nariyah kubro. Kegiatan ini di pimpin langsung oleh tokoh agama desa Pecangaan. Selain itu kegiatan ini  di hadiri oleh seluruh warga desa Pecangaan dengan sangat antusias. Kegiatan ini berjalan dengan lancar.
  1. Bidang Pendidikan dan Seni
a)      Pelatihan Rebana
Pelatihan rebana kami laksanakan di SDN Pecangaan setiap satu minggu sekali, yaitu pada hari:
·      Selasa 8 November 2016.
·      Selasa 15 November 2016.
·      Selasa 22 November 2016.
Dilaksanakan pada jam 14:00 s/d 15:00 dengan tanggapan baik dari Kepala Sekolah, Guru, Siswa, dan Orang tua Siswa. Kegiatan berjalan lancar.
b)      Pembinaan PAUD dan TK
Kegiatan ini kami laksanakan setiap satu minggu sekali.  Di TK Dharma Wanita yaitu pada hari:
·      Sabtu 5 November 2016
·      Sabtu 12 November 2016
·      Sabtu 19 November 2016
Sedangkan di PAUD Pelita hati yaitu pada hari:
·      Kamis 3 November 2016
·      Kamis 10 November 2016
·      Kamis 17 November 2016
Pembinaan yang kami berikan adalah pelatihan senam dan pembelajaran di kelas, seperti menyayi, menggambar, mewarnai, menulis dan membaca. Kegiatan ini mendapat tanggapan baik dari Kepala TK/PAUD, Guru, Siswa, dan Orangtua Siswa. Kegiatan berjalan lancar.
c)      Bimbingan Belajar (Bimbel)
Kegiatan bimbingan belajar (bimbel) sasarannya adalah anak SD. Karena di desa yang kami tempati untuk KKN hanya ada satu lembaga pendidikan formal, yaitu SDN Pecangaan. Kegiatan ini kami laksanakan di posko selama 4 hari dalam satu minggu, yaitu setiap hari senin-kamis, tanggal 31 Oktober s/d 22 November 2016, pukul 18:30.
Hambatan kegiatan ini adalah waktunya bebarengan dengan kegiatan bimbingan membaca al-qur’an dan jam’iyah idaroh/tahlil/dziba di desa Pecangaan. Untuk mensiasati hal tersebut, akhirnya kami satu tim terbagi menjadi tiga tim dengan pembagian tempat yang berbeda. Dimana 3 orang berada di posko untuk memberikan bimbingan belajar, 3 orang berada di Musholla untuk memberikan bimbingan membaca al-qur’an, dan 4 orang untuk mengikuti jam’iyah idaroh/tahlil/dziba di desa Pecangaan. Dengan pembagian tim, bimbel kondusif dan berjalan lancar.
d)     Pelatihan Pramuka
Kegiatan ini adalah untuk melatih kedisiplinan anak didalam mentaati tata tertib yang di terapkan di sekolah serta membentuk sikap mandiri. Pelaksanaan kegiatan ini  setiap satu minggu sekali. yaitu pada hari:
· Ahad 6 November 2016
· Ahad 13 November 2016
· Ahad 20 November 2016
e)      Pelatihan Menari
Untuk memeriahkan sedekah bumi, kami memberikan pelatihan menari kepada siswa siswi SDN Pecangaan. Kegiatan ini kami laksanakan selama 3 hari, sebelum  acara perayaan sedekah bumi di mulai. Kegiatan berjalan lancar.



  1. Bidang Kesehatan
a)      Pelatihan Senam
Pelatihan senam kami laksanakan di SDN Pecangaan setiap satu minggu sekali, yaitu pada hari:
·      Jum’at 4 November 2016.
·      Jum’at 11 November 2016.
·      Jum’at 18 November 2016.
Dilaksanakan pada jam 07:00 s/d 07:30 dengan tanggapan baik dari Kepala Sekolah, Guru, Siswa, dan Orang tua Siswa. Kegiatan berjalan lancar.
4.      Bidang Sarana dan Prasarana
a)      Kerja Bakti
Kegiatan kerja bhakti dilaksanakan di lingkungan desa Pecangaan. Sebagai wujud pengamalan Kebersihan sebagian dari Iman, peserta KKN STAI Pati bersama dengan masyarakat membersihkan lingkungan desa Pecangaan sehingga menjadi bersih. Hambatan kegiatan ini adalah kurangnya peralatan kebersihan.
b)      Membersihkan Tempat-tempat Ibadah
Mengingat kebersihan sangatlah penting terutama kebersihan tempat ibadah, peserta KKN STAI Pati membersihkan tempat-tempat ibadah. Karena dengan tempat ibadah yang terasa nyaman akan memberikan motivasi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ibadah.
c)         Papanisasi
Kegiatan ini adalah salah satu upaya peserta KKN untuk dapat memberikan kemudahan dalam membantu masyarakat desa Pecangaan untuk mencari informasi. Papanisasi berlangsung  menjadi satu bagian. Papanisasi Papan penunjuk jalan desa Pecangaan.

  1. Bidang PKK dan Lingkungan Hidup
a)      Kerajinan Tangan Ibu PKK
Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat Desa Pecangaan untuk mengembangkan kewirausahaan. Kegiatan ini dilaksanakan senin 7 November 2016  di Balai desa Pecangaan. Kerajinan tangan ini kami fokuskan pada pembuatan tas dari sachet bungkus kopi. Ibu-ibu PKK mengikuti dengan antusias dan berjalan dengan lancar.
b)      Pelayanan K3 dengan memfasilitasi pengajuan pengadaan gerobak sampah
Pengajuan proposal pengadaan gerobak sampah kami tujukan kepada BLH. Pengajuan ini bertujuan agar dalam penanganan sampah di desa Pecangaan memperoleh sarana yang cukup dan memadai dalam melakukan pengelolaan sampah yang baik.
D.    Tempat dan Waktu Pelaksanaan Program
Tempat pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2016 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pati, berlokasi di  Kecamatan Batangan yakni Desa Pecangaan yang terdiri atas7 RT, dan 2 RW.
Dan pada kesempatan ini penulis selaku peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) ditempatkan di Desa Pecangaan dengan beranggotakan sebanyak 10 orang dari jurusan Tarbiyah.
Waktu Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pati Tahun 2016 dilakukan selama kegiatan program itu berjalan yaitu selama sebulan mulai dari tanggal 22 Oktober 2016 sampai dengan tanggal 27 November 2016.

E.     Pelaksanaan Evaluasi Pelaksanaan Program
Sesuai dengan target dari KKN yaitu membuat agar warga menjadi lebih maju dengan diadakannya pemberdayaan yang dilaksanakan oleh tim KKN.
Untuk kegiatan yang diprogram oleh tim KKN langsung dan diprakarsai oleh tim KKN dilaksanakan secara maksimal dengan kemampuan yang dimiliki oleh tim KKN tersendiri. Biaya pun didapatkan secara swadaya dari tim KKN. Kegiatan ini juga sebagai program unggulan dari tim KKN STAI Pati di Desa Pecangaan . Berikut adalah program kegiatan yang dilaksanakan oleh tim KKN selama KKN berlangsung di desa.
1.      Program Kegiatan Rutin, di antaranya adalah :
a.       Mengisi Tausiyah
1)      Hari                      :Setiap Hari Sabtu, Ahad, Senin, Rabu, Kamis
2)      Waktu                  : Ba’da Maghrib
3)      Tempat                 :di masing-masing RT desa Pecangaan
4)     Agenda                 : Mengisi Tusiyah
b.      Bimbingan Belajar
1)        Hari                      : Setiap Hari Senin-kamis
2)        Waktu                   : 18:30 s/d 19:30WIB
3)        Tempat                 : di Posko KKN desa Pecangaan
4)        Agenda                 : Pendampingan Belajar
c.       Bimbingan Membaca Alqur’an
1)      Hari                      : Setiap Hari
2)      Waktu                  : 18:00 s/d 19:00 WIB
3)     Tempat                 : Musholla RT 01/RW 02
4)     Agenda                 : Pendampingan Membaca Alqur’an


d.      Pelatihan Pramuka
1)        Hari                      : Setiap hari Ahad
2)        Tanggal                 : 6 s/d 20 November 2016  
3)        Waktu                   : 07:00 s/d 08:20 WIB
4)        Tempat                 : SDN Pecangaan
5)        Agenda                 : Melatih Pramuka
e.       Pelatihan Senam
1)      Hari                       : Setiap hari jum’at
2)      Tanggal                  : 4 s/d 18 November 2016  
3)      Waktu                    : 07:00 s/d 07:30 WIB
4)      Tempat                  : SDN Pecangaan
5)      Agenda                  : Melatih Senam
f.       Pelatihan Rebana
1)        Hari                      : Setiap hari Selasa
2)        Tanggal                 : 8 s/d 22 November 2016  
3)        Waktu                   : 13:00 s/d 14:00 WIB
4)        Tempat                 : SDN Pecangaan
5)        Agenda                 : Melatih Rebana
g.    Mengajar dan mendampingi TPQ
1)      Hari                       : Setiap hari Sabtu-kamis
2)      Tanggal                  : 5 s/d 19 November 2016  
3)      Waktu                    : 15:30 s/d 16:30 WIB
4)      Tempat                  : TPQ Miftahul Huda
5)      Agenda                  : Mengajar dan pendampingan mengaji

h.   Pembinaan PAUD
1)         Hari                 : Setiap hari kamis
2)         Tanggal           : 3 s/d 17 November 2016  
3)         Waktu             : 07:30 s/d 09:00 WIB
4)         Tempat            : PAUD Pelita Hati
5)         Agenda           : Melatih senam dan mengajar
i.     Pembinaan TK
1)        Hari                  : Setiap hari sabtu
2)        Tanggal            : 5 s/d 19 November 2016  
3)        Waktu              : 07:30 s/d 09:00 WIB
4)        Tempat             : TK Dharma Wanita
5)        Agenda                        : Melatih senam
j.     Diba’iyah
1)        Hari                  : Setiap hari Ahad
2)        Tanggal            : 23 Oktober s/d 20 November 2016  
3)        Waktu              : 18:30 s/d 19:30 WIB
4)        Tempat             : Desa Pecangaan
5)        Agenda                        : Mengikuti Dibaiyah

2.      Program Kegiatan Temporer, di antaranya adalah :
a.       Kerja Bhakti Lingkungan Desa Pecangaan
1)      Hari/Tanggal        : Jum’at, 18 November 2016
2)      Waktu                  : 14.00 s/d 17.00 WIB
3)     Tempat                 : Lingkungan Desa Pecangaan
4)     Agenda                 : Kerja Bhakti
b.      Membantu Membentuk Organisasi “Yurbathul Syabb”
1)      Hari/Tanggal        : Sabtu, 5 Juli  2016
2)      Waktu                  : 18:00 s/d 19:30 WIB
3)     Tempat                 : Musholla RT 02/RW 01
4)     Agenda                 : Pembentukan organisasi ikatan remaja
c.       Perayaan Sedekah Bumi
1)      Hari/Tanggal        : Kamis, 26 Oktober  2016
2)      Waktu                  : 19:00 s/d 21:00 WIB
3)      Tempat                 : Balai desa
4)      Agenda                : Sholawat Nariyah kubro
d.      Pelatihan Ketrampilan dari Bahan Bekas
1)      Hari/Tanggal        : Senin, 5 November 2016
2)      Waktu                  : 09.00 s/d 11.00 WIB
3)      Tempat                 : Balai desa
4)      Agenda                : Membuat tas dari sachet bungkus kopi
e.       Papanisasi Papan Penunjuk Jalan
1)      Hari/Tanggal        : Jum’at 23 November 2016
2)      Waktu                  : 09.00 WIB - Selesai
3)      Tempat                 : Jalan desa Pecangaan
4)      Agenda                : Papanisasi Papan penunjuk jalan
f.       Peringatan Hari Pahlawan
1)      Hari/Tanggal        : Kamis, 10 November 2016
2)      Waktu                  : 08.00 - Selesai
3)      Tempat                 : SDN Pecangaan
4)      Agenda                : Lomba-lomba
g.      Bhakti Sosial
1)      Hari/Tanggal        : Jum’at, 23 November 2016
2)      Waktu                  : 09.00-selesai
3)      Tempat                 : Lingkungan desa Pecangaan
4)      Agenda                : Membersihkan lingkungan
h.      Rapat Mingguan
1)      Hari/Tanggal        : Selasa
2)      Waktu                  : 19:30 s/d selesi
3)      Tempat                 : di Posko KKN
4)      Agenda                : Rapat Evaluasi Kinerja
i.        Pengajian
1)      Hari/Tanggal        : Tanggal 25 November 2013
2)      Waktu                  : 20:00-selesai
3)      Tempat                 : Balai Desa Pecangaan
4)      Agenda                : Pengajian  dan penyerahan hadiah lomba dalam rangka memeriahkan hari pahlawan dan penutupan KKN STAI PATI dalam Rangka “Pelepasan Tim KKN STAI Pati dari desa Pecangaan.
F.     Tingkat Pencapaian Program Kegiatan
Tingkat pencapaiaan program kerja KKN STAI Pati Posko Pecangaan 95 % telah tercapai. Program-program terpenuhi dengan maksimal disertai antusias masyarakaat yang luar biasa. Program tersukses kami adalah program membantu mengajukan proposal pengadaan gerobak sampah, membantu membentuk organisasi “Yurbathul Syabb”, Pelatihan Senam, Bimbel, dan Sholawat Nariyah Kubro sedangkan program-program kami yang lain bersifat mengalir dengan kegiatan masyarakat. Sedangkan program yang kurang sukses adalah Pelatihan ketrampilan membuat tas dari sachet bungkus kopi.  karena kurangnya peserta dan bahan.


G.    Faktor Pendukung dan Penghambat
1.    Faktor Pendukung
Faktor-faktor yang mendukung proses kegiatan program kerja KKN antara lain :
a.    Kepala desa, perangkat desa ketua RT/RW, Tokoh masyarakat lingkungan sekitar siap membantu dan menjalin kerjasama yang baik.
b.   Kondisi masyarakat yang kondusif
c.    Partisipasi Masyarakat desa yang menyambut baik dan ramah
d.   Semangat warga dalam semua kegiatan yang selalu optimis
e.    Peran aktif warga dalam mengikuti semua kegiatan KKN sehingga memperlancar jalannya program
f.    Terjalinnya hubungan kekeluargaan antara peserta KKN dan warga masyarakat
2.    Faktor Penghambat
Sedangkan faktor yang menghambat proses penyelenggaraan program kegiatan antara lain :
a.    Kurangnya kesadaran warga masyarakat dalam mengikuti semua program yang sudah direncanakan.
b.   Waktu yang terlalu singkat dan diiringi dengan kesibukan masing-masing peserta sehingga ada beberapa program yang kurang optimal pelaksanaannya.

H.    Upaya Mengatasi Hambatan
Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan antara lain :
a.    Melakukan pendekatan dengan warga melalui pendekatan keagamaan dan kunjungan silaturrahim ke rumah tokoh masyarakat.
b.    Selalu memberikan motivasi pada warga sehingga mereka selalu bersemangat dalam mengikuti kegiatan, selalu mengikuti setiap  acara yang diselenggarakan.
c.    Meminta bantuan kepada kepala desa, perangkat desa, ketua RT/RW untuk memberikan pengarahan pada warga agar dapat berpartisipasi mengikuti kegiatan.











BAB  III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dengan selesainya program kerja Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok Desa Pecangaan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati, maka penjabaran Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Melalui pelaksanaan KKN ini kami dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan di bangku kuliah dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat di Desa Pecangaan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati.
Selain itu KKN juga mendidik mahasiswa untuk senantiasa meningkatkan dan menjaga kerjasama dan tingkat kepedulian sosial yang tinggi untuk mewujudkan suatu program kerja yang akan dicapai. Dari hal tersebut maka mahasiswa dapat meningkatkan wawasan serta pengalaman bahwa keberhasilan dan kesuksesan suatu pelaksanaan program kerja sangat ditentukan dan dipengaruhi oleh kerjasama yang baik antara sesama anggota kelompok, dosen pembimbing maupun masyarakat setempat. Dalam hal ini kami telah membuktikan bahwa dengan adanya kerjasama yang baik dengan masyarakat Desa Pecangaan Kabupaten Pati maka program kerja kami dapat terselesaikan sesuai yang diharapkan.

B.     Saran dan Rekomendasi
Saran secara umum adalah sebagai berikut :
1.    Kuliah Kerja Nyata (KKN) sangat tepat kalau diterapkan untuk menyelesaikan masalah individu dan masyarakat. Kami harapkan untuk tahun depan KKN seperti ini dapat dilaksanakan kembali, dan diterjunkan langsung dalam komunitas masyarakat.
2.    Dalam pelaksanaan KKN semacam ini di perlukan adanya saling koordinasi dan musyawarah baik antara mahasiswa dengan dosen pembimbing lapangan serta masyarakat yang bersangkutan untuk saling memberi informasi, agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kegiatan KKN dapat berjalan dengan sukses dan berhasil dengan hasil yang memuaskan.
Sedangkan lebih rinci adalah sebagai berikut :
1.         STAI Pati (LP3M)
a.       Lebih matang lagi dalam merencanakan setiap programnya terkhusus KKN yang melibatkan banyak pihak terutama pihak luar.
b.      Dukungan finansial dan motivasi melalui DPL lebih ditingkatkan lagi.

 
2.         Desa Pecangaan
Lembaga pendidikan dan keagamaan (TPQ) serta jam’iyyah yang telah terbentuk supaya biasa diberdayakan lagi dan mempunyai program baru dalam peningkatan pengetahuan keagamaan anggotanya.
3.         Kelompok KKN Desa Pecangaan 
a.         Sadar akan tanggung jawab yang telah diemban untuk menjadi dan membangun generasi bangsa.
b.        Lebih responsif terhadap kondisi  masyarakat disekitarnya.
c.         Perlu banyak waktu lagi untuk belajar bermasyarakat dan bersosialisasi dengan lingkngannya.
d.        Agar lebih kompak.

C.    Kata Penutup
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah pada Allah SWT, laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pecangaan ini dapat terselesaikan dengan baik, harapan kami sumbangsih terhadap apa yang telah kami lakukan selalu mendapat ridha dan berkah serta manfaat bagi kita semua. Permohonan maaf kami sampaikan kepada semua pihak apabila dalam penyusunan laporan ini terdapat banyak kesalahan. Karena tidak ada gading yang tak retak. Tidak ada sesuatu yang sempurna kecuali hanya milik Allah. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada segenap pihak yang telah membantu terselesaikannya laporan ini, terutama kepala desa, perangkat desa, masyarakat Desa Pecangaan .
Dan kami menyadari bahwa manusia di dunia ini tiada yang sempurna, maka tentunya tidak lepas dari kesalahan dan kekurangan untuk itu kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Kepada warga masyarakat, Kepala Desa serta perangkatnya dan semuanya, selanjutnya kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan laporan ini. Akhir kata semoga bermanfaat di dunia dan akhirat serta menambah pengetahuan bagi kita semua. Amin Ya Robbal ‘Alamin……



















Comments

Popular posts from this blog

RPP FIKIH BAB PENGURUS JENAZAH KELAS X IIS

RPP FIKIH BAB HAJI DAN UMRAH KELAS X IIS