RPP FIKIH BAB KETENTUAN ZAKAT DALAM ISLAM KELAS X IIS
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/ Semester : X .A/ganjil
Materi
Pokok : Ketentuan Zakat
dalam Islam
Alokasi Waktu : 2x 45 menit (1x Pertemuan)
Pertemuan : Kedua
I.
Kompetensi
Inti
KI-1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai)
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-3 Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang di pelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kidah keilmuan.
II.
Kompetensi
Dasar (KD)
1.3 Meyakini kebenaran konsep
zakat dalam menghilangkan kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin.
2.2 Meningkatkan sikap peduli
terhadap penderitaan orang lain melalui zakat.
2.3 Memiliki sikappatuh
terhadapundang-undang zakat.
3.2 Menelaah ketentuan Islam
tentang zakat dan hikmahnya.
3.3 Mengidentifikasi
undang-undang pengelolaan zakat.
4.2 Menunjukkan contoh
penerapan ketentuan zakat.
4.3 Menunjukkan cara
pelaksanaan zakat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
III.
Indikator
Pembelajaran
1.
Menjelaskan
ketentuan zakat dalam islam.
2.
Menjelaskan
macam-macam zakat.
3.
Memberikan
contoh penerapan zakat sesuai dengan undang-undang.
4.
Mempraktikan
penghitungan zakat.
5.
Menjelaskan
hikmah zakat.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan
peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan
ketentuan zakat dalam islam dengan benar.
2.
Menjelaskan
macam-macam zakat dengan benar.
3.
Memberikan
contoh penerapan zakat sesuai dengan undang-undang dengan benar.
4.
Mempraktikan
penghitungan zakat dengan benar.
5.
Menjelaskan
hikmah zakat dengan baik dan benar.
V.
Materi
Pembelajaran
A.
Ibadah Kurban
1.
Pengertian Zakat
Zakat adalah sesuatu yang hukumnya wajib diberikan dari sekumpulan
harta benda tertentu, menurut sifat dan ukuran tertentu kepada golongan
tertentu yang berhak menerimanya. Hukum mengeluarkan zakat adalah fardhum’ain.
2.
Macam-macam Zakat
a.
Zakat Fitrah, zakat yang
dikeluarkan oleh setiap muslim setahun sekali berupa makanan pokok sesuai kadar
yang telah ditentukan oleh syara’ untuk memberi makan kepada orang-orang miskin
serta sebagai rasa syukur kepada Allah atas selesainya menunaikan kewajiban
puasa agar kebutuhan mereka tercukupi pada hari raya.
Adapun syarat-syarat wajib zakat fitrah terdiri atas:
1)
Islam
2)
Lahir
sebelum terbenam matahari pada hari penghabisan bulan Ramadhan
3)
Memilikikelebihan
harta dan keperluan makanan untuk dirinya sendiri dan untuk yang wajib
dinafkahinyabaik manusia ataupun binatang pada malam hari raya dan siang
harinya.
Hukum
membayar Zakat Fitrah adalah wajib bagi setiapmuslim yang memiliki sisa bahan
makanan sebanyak satu sha’ (sekitar 2,5 kg) untuk dirinya dan
keluarganya selama sehari semalam ketika hari raya.
b.
Zakat Mal, ialah zakat
segala sesuatu yang dimilki (dikuasai) dan dapat dipergunakan. Jadi Zakat Mal
juga disebut zakat harta yaitu kewajiban umat Islam yang memiliki harta benda
tertentu untuk diberikan kepada yang berhak sesuai dengan ketentuan nisab
(ukuran banyaknya) dan dalam jangka waktu tertentu. Adapun tujuan dari zakat
mal adalah untuk membersihkan atau menyucikan harta benda mereka dari hak-hak kaum
miskin diantara umat Islam.
Syarat-syarat
Harta yang wajib Dikeluarkan Zakatnya
1)
Harta
tersebut harus didapat dengan cara yang baik dan halal.
2)
Harta
tersebut berkembang dan berpotensi untuk dikembangkan, misal melalui kegiatan
usaha perdagangan dan lain-lain.
3)
Milik
penuh, harta tersebut dibawah kontrol kekuasaan pemiliknya, dan tidak
tersangkut dengan hak orang lain.
4)
Mencapai
nisab, mencapai jumlah minimal yang menyebabkan harta terkena kewajiban zakat.
5)
Sudah
mencapai satu tahun kepemilikan
Yang berhak menerima zakat ada 8 golongan atau kelompok, yaitu fakir, miskin, amil, mualaf,
budak, gharim, fisabilillah, ibnu sabil.
3.
Identifikasi Undang-undang Zakat
Dalam rangka meningkatkan kualitas umat islam, pemerintah telah
membuat peraturan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, yaitu Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengeloalaan zakat.
Undang-undang ini merupakan pengganti Undang-undang nomor 38 tahun 1999.
VI.
Pendekatan/Model
Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Model :
Ceramah
Metode :
a.
Diskusi
Kelompok
b.
Tanya
Jawab
c.
Penugasan
VII.
Media,
Alat, dan Sumber Belajar
Media :
Slide Power Point
Alat dan Bahan Pembelajaran :
LCD, Spidol, Papan Tulis, Kertas
Sumber Pembelajaran :
1.
Buku
Paket Pedoman Guru Mapel Fiqih X MA Kemenag RI tahun 2014
2.
Buku
Pegangan Siswa Mapel Fiqih X MA Kemenag RI 2014
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
||
1.
|
Kegiatan awal/pendahuluan
|
menit
|
||
|
a.
|
Guru memasuki kelas, kemudian mengucapkan salam dan berdo’a untuk
mengawali pelajaran
|
15 Menit
|
|
|
b.
|
Guru menyapa siswa
|
|
|
|
c.
|
Guru mengabsen siswa untuk mengetahui daftar hadir siswa
|
|
|
|
d.
|
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
e.
|
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menjelaskan tentang
kegiatan yang akan dilakukan peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
||
|
a.
|
Observing ( mengamati).
|
|
|
|
|
-
|
Peserta didik mengamati dan membaca tayangan slide power point materi
yang diajarkan
|
|
|
|
-
|
Guru membagi kelas menjadi delapan kelompok diskusi untuk membahas
studi fikih tentang ketentuan zakat dalam islam.
|
|
|
b.
|
Questioning
(Menanya)
|
|
|
|
|
-
Siswa menanyakan hal-hal yang terkait dengan slide
power point
|
|
|
|
|
-
|
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan
studi fikih tentang ketentuan zakat dalam islam.
|
|
|
c.
|
Eksplorasi
|
|
|
|
|
-
|
Guru memfasilitasi peseta didik dan memberi kesempatan untuk
mengungkapkan ide, pendapat, dan tanggapan dalam diskusi serta
mendokumentasikan secara tertulis pada masing-masing kertas kerja.
|
|
|
|
-
|
Guru mempersilahkan peserta didik belajar dalam kelompoknya.
|
|
|
d.
|
Eksperimen (Mencoba)
|
|
|
|
|
-
|
Masing-masing
kelompok menjelaskan tentang topik yang diperoleh
|
|
|
e.
|
Comunication (Mengkomunikasikan)
|
|
|
|
|
-
|
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai topik yang di peroleh
Peserta
didik dari kelompok lain menanggapi.
|
|
|
|
-
|
Guru
memberikan konfirmasi dari setiap jawaban yang disampaikan.
|
|
3.
|
Kegiatan
akhir
|
15 menit
|
||
|
a.
Guru memfasilitasi
peserta didik untuk melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah
dipelajari dan kesulitan yang dihadapipeserta didik
b.
Guru memberikan
evaluasi kepada peserta didik
c.
Guru memberikan tugas
untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar kurban dan akikah
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan membaca hamdalah
bersama sama kemudian mengucapkan hamdalah bersama-sama dan keluar dari ruang
kelas
|
|
IX.
Penilaian
pembelajaran
1.
Jenis/teknikpenilaian
(Unjuk kerja / Kinerja melakukan Praktikum /Sikap)
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
(Daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar
penilaian sikap/Lembar observasi/ Pertanyaan langsung/ Laporan pribadi/
Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/ Lembar penilaian portofolio)
3.
Pedoman
penskoran (terlampir)
1.
Skala sikap:
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam
Pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi.
NO
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor Maks
|
Tindak Lanjut
|
|||
aktif
|
kerjasama
|
T
|
TT
|
|
R
|
P
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
T : Tuntas mencapai
nilai... (disesuaikan dengan nilai KKM)
TT : Tidak tuntas jika
nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remidial
P : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian :
1.
Kejelasan
dan kedalaman informasi
a.
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c.
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, 10.
2.
Keaktifan
dalam diskusi
a.
Jika
kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b.
Jika
kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c.
Jika
kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3.
Kejelasan
dan kerapian presentasi
a.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan kurang rapi, skor 20.
d.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan kurang jelas dan kurang rapi,
skor 10.
a.
Penilaian Sikap
1.
Penilaian Observasi Sikap Sosial
NO
|
NAMA
|
Keterbukaan
|
Ketekunan Belajar
|
Kerajinan
|
Tenggang Rasa
|
Kedisiplinan
|
Kerja sama
|
Ramah dg teman
|
Hormat kpd Guru
|
Kejujuran
|
Menempati Janji
|
Kepedulian
|
Tanggung Jawab
|
Jumlah Nilai
|
Nilai Rata-rata
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
13
|
14
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
5 : A (Amat baik)
4 : B (Baik)
3 : C (Cukup)
2 : D (Kurang)
1 : E (Sangat Kurang)
2.
Penilaian Observasi Sikap Sosial (Tanggung
Jawab)
Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik
dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolm skor sesuaisikap tanggung
jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1= tidak pernah, apabila
tidak melakukan.
Materi Pokok :
Kelas :
NO
|
NAMA
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
||||||
Melaksanakan tugas individu
dengan baik
|
Melaksanakan kerjasama kelompok
|
Menemukan ide menyelesaikan masalah
|
Berdiskusi dalam kelompok
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran
pada pedoman observasi sikap spiritual
3.
Penilaian Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini di isi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta
didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya = apabila peserta didik
menunjukkan perbuatan sesuai aspek
pengamatan
Tidak = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai
aspek pengamatan
No
|
Nama
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
|||
Masuk kelas tepat waktu
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
Tidak ramai saat proses belajar
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran
Jawaban Ya diberi skor 1, dan jawaban Tidak diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor
x
4 = skor akhir
Skor Tertinggi
Contoh:
Jika jawaban Ya sebanyak 3, maka diperoleh skor 3, dan skor
tertinggi 3 maka skor akhir adalah:
Peserta
didik nilai dapat menggunakan seperti dalam pedoman observasi sikap spiritual
4. Penilaian
Unjuk Kerja
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut:
4 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi sangat baik
3 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi baik
2 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi kurang
1 = Apabila kemampuan siswa menguasai
materi sangat kurang
NO
|
NAMA
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
|||||
Penguasaan Materi
|
Menjelaskan ibadah kurban
|
Menjelaskan kurban dan akikah
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran:
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman
observasi sikapspiritual
2. Penilaian
pengetahuan
Guru melakukan penilaian kepada peserta didik dalam bentuk pilihan
ganda dan uraian
Uraian : Rubrik Penilaian
No
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
a.
Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian zakat menurut bahasa
dan istilah dengan sempurna, skor 20.
b.
Jika peserta didik dapat
menjelaskan pengertian zakat menurut bahasa dan istilah kurang sempurna, skor
10.
|
20
|
2
|
a. Jika peserta didik dapat menyebutkan
syarat-syarat harta yang wajib dikeluarkan zakatnya dengan benar dan
sempurna, skor 20.
b. Jika peserta didik dapat menyebutkan
syarat-syarat harta yang wajib dikeluarkan zakatnya dengan benar tetapi tidak
sempurna, skor 10.
|
20
|
3
|
a. Jika peserta didik dapat menjelaskan
perbedaan antara zakat fitrah dengan zakat mal dengan benar dan sempurna, skor
20.
b. Jika peserta didik dapat menjelaskan
perbedaan antara zakat fitrah dengan zakat mal dengan benar tetapi tidak
sempurna, skor 10.
|
20
|
4
|
a. Jika peserta didik dapat menyebutkan
mustahik atau orang-orang yang berhak menerima zakat dengan sempurna,skor 20.
b. Jika peserta didik dapat menyebutkan
mustahik atau orang-orang yang berhak menerima zakat dan tidak sempurna, skor 10.
|
20
|
5
|
a. Jika peserta didik dapat menyebutkan
hikmah yang terkandung dalam zakat dengan sempurna,skor 20.
b. Jika peserta didik dapat menyebutkan
hikmah yang terkandung dalam zakat tidak dengan sempurna, skor 10.
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Instrumen Penilaian Kognitif
a. Tes Tertulis:
1. Jelaskan pengertian zakat menurut bahasa
dan istilah!
2. Sebutkan syarat-syarat harta yang wajib
dikeluarkan zakatnya!
3. Jelaskan perbedaan antara zakat fitrah
dengan zakat mal!
4. Sebutkan mustahik atau orang-orang yang
berhak menerima zakat!
5. Sebutkan hikmah yang terkandung dalam
zakat!
b. Penskoran dan Penilaian
Nomor Soal
|
Skor
|
1
|
20
|
2
|
20
|
3
|
20
|
4
|
20
|
5
|
20
|
JUMLAH 100
|
Nilai= Jumlah skor yang diperoleh (pilhan ganda dan uraian) x 100
skor maksimal
3. Penilaian
Keterampilan
Petunjuk:
Lembaran ini di isi oleh guru untuk menilai keterampilan peserta
didik dalam mengerjakan tugas.
NO
|
NAMA
|
Aspek Penilaian
|
|||||||
Ketepatan Waktu dalam mengumpulkan tugas
|
Mencari di internet tentang kurban dan akikah
|
||||||||
1
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a. Ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas
1 : Apabila siswa tidak tepat waktu dalam mengumpulkan
tugas.
2 : Apabila siswa kurang tepat waktu dalam
mengumpulkan tugas.
3 : Apabila siswa cukup tepat waktu dalam
mengumpulkan tugas.
4 : Apabila siswa tepat waktu dalam
mengumpulkan tugas.
b. Mencari tugas di internet.
1 : Apabila siswa tidak mencari tugas di
internet.
2 : Apabila siswa kurang mencari tugas di
internet.
3 : Apabila siswa cukup mencari tugas di
internet.
4 : Apabila siswa mencari tugas di
internet tepat.
Comments
Post a Comment