RPP FIKIH BAB KETENTUAN ZAKAT DALAM ISLAM KELAS X IIS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                          :  Madrasah Aliyah                                
Mata Pelajaran               :  Fikih
Kelas/ Semester              :  X .A/ganjil
Materi Pokok                 : Ketentuan Zakat dalam Islam
Alokasi Waktu               :  2x 45 menit (1x Pertemuan)
Pertemuan                      : Kedua
I.     Kompetensi Inti
KI-1    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-3    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kidah keilmuan.
II.     Kompetensi Dasar (KD)
1.3 Meyakini kebenaran konsep zakat dalam menghilangkan kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin.
2.2  Meningkatkan sikap peduli terhadap penderitaan orang lain melalui zakat.
2.3  Memiliki sikappatuh terhadapundang-undang zakat.
3.2  Menelaah ketentuan Islam tentang zakat dan hikmahnya.
3.3  Mengidentifikasi undang-undang pengelolaan zakat.
4.2  Menunjukkan contoh penerapan ketentuan zakat.
4.3  Menunjukkan cara pelaksanaan zakat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.


III.     Indikator Pembelajaran
1.        Menjelaskan ketentuan zakat dalam islam.
2.        Menjelaskan macam-macam zakat.
3.        Memberikan contoh penerapan zakat sesuai dengan undang-undang.
4.        Mempraktikan penghitungan zakat.
5.        Menjelaskan hikmah zakat.
IV.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu:
1.        Menjelaskan ketentuan zakat dalam islam dengan benar.
2.        Menjelaskan macam-macam zakat dengan benar.
3.        Memberikan contoh penerapan zakat sesuai dengan undang-undang dengan benar.
4.        Mempraktikan penghitungan zakat dengan benar.
5.        Menjelaskan hikmah zakat dengan baik dan benar.
V.     Materi Pembelajaran
A.    Ibadah Kurban
1.         Pengertian Zakat
Zakat adalah sesuatu yang hukumnya wajib diberikan dari sekumpulan harta benda tertentu, menurut sifat dan ukuran tertentu kepada golongan tertentu yang berhak menerimanya. Hukum mengeluarkan zakat adalah fardhum’ain.
2.         Macam-macam Zakat
a.    Zakat Fitrah, zakat yang dikeluarkan oleh setiap muslim setahun sekali berupa makanan pokok sesuai kadar yang telah ditentukan oleh syara’ untuk memberi makan kepada orang-orang miskin serta sebagai rasa syukur kepada Allah atas selesainya menunaikan kewajiban puasa agar kebutuhan mereka tercukupi pada hari raya.
Adapun syarat-syarat wajib zakat fitrah terdiri atas:
1)        Islam
2)        Lahir sebelum terbenam matahari pada hari penghabisan bulan Ramadhan
3)        Memilikikelebihan harta dan keperluan makanan untuk dirinya sendiri dan untuk yang wajib dinafkahinyabaik manusia ataupun binatang pada malam hari raya dan siang harinya.
Hukum membayar Zakat Fitrah adalah wajib bagi setiapmuslim yang memiliki sisa bahan makanan sebanyak satu sha’ (sekitar 2,5 kg) untuk dirinya dan keluarganya selama sehari semalam ketika hari raya.
b.   Zakat Mal, ialah zakat segala sesuatu yang dimilki (dikuasai) dan dapat dipergunakan. Jadi Zakat Mal juga disebut zakat harta yaitu kewajiban umat Islam yang memiliki harta benda tertentu untuk diberikan kepada yang berhak sesuai dengan ketentuan nisab (ukuran banyaknya) dan dalam jangka waktu tertentu. Adapun tujuan dari zakat mal adalah untuk membersihkan atau menyucikan harta benda mereka dari hak-hak kaum miskin diantara umat Islam.
Syarat-syarat Harta yang wajib Dikeluarkan Zakatnya
1)        Harta tersebut harus didapat dengan cara yang baik dan halal.
2)        Harta tersebut berkembang dan berpotensi untuk dikembangkan, misal melalui kegiatan usaha perdagangan dan lain-lain.
3)        Milik penuh, harta tersebut dibawah kontrol kekuasaan pemiliknya, dan tidak tersangkut dengan hak orang lain.
4)        Mencapai nisab, mencapai jumlah minimal yang menyebabkan harta terkena kewajiban zakat.
5)        Sudah mencapai satu tahun kepemilikan
Yang berhak menerima zakat ada 8 golongan atau kelompok, yaitu fakir, miskin, amil, mualaf, budak, gharim, fisabilillah, ibnu sabil.
3.         Identifikasi Undang-undang Zakat
Dalam rangka meningkatkan kualitas umat islam, pemerintah telah membuat peraturan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, yaitu Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengeloalaan zakat. Undang-undang ini merupakan pengganti Undang-undang nomor 38 tahun 1999.
VI.     Pendekatan/Model Pembelajaran
Pendekatan             : Saintifik
Model                     : Ceramah
Metode                   :
a.         Diskusi Kelompok
b.        Tanya Jawab
c.         Penugasan

VII.     Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media                                             : Slide Power Point
Alat dan Bahan Pembelajaran        : LCD, Spidol, Papan Tulis, Kertas
Sumber Pembelajaran                                 :
1.        Buku Paket Pedoman Guru Mapel Fiqih X MA Kemenag RI tahun 2014
2.        Buku Pegangan Siswa Mapel Fiqih X MA Kemenag RI 2014
VIII.     Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan awal/pendahuluan
menit

a.
Guru memasuki kelas, kemudian mengucapkan salam dan berdo’a untuk mengawali pelajaran
15 Menit

b.
Guru menyapa siswa


c.
Guru mengabsen siswa untuk mengetahui daftar hadir siswa


d.
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran


e.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan menjelaskan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik





2.
Kegiatan Inti
60 menit

a.
Observing ( mengamati).



-
Peserta didik mengamati dan membaca tayangan slide power point materi yang diajarkan



-
Guru membagi kelas menjadi delapan kelompok diskusi untuk membahas studi fikih tentang ketentuan zakat dalam islam.


b.
Questioning (Menanya)



-         Siswa menanyakan hal-hal yang terkait dengan slide power point



-
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan studi fikih tentang ketentuan zakat dalam islam.


c.
Eksplorasi



-
Guru memfasilitasi peseta didik dan memberi kesempatan untuk mengungkapkan ide, pendapat, dan tanggapan dalam diskusi serta mendokumentasikan secara tertulis pada masing-masing kertas kerja.



-
Guru mempersilahkan peserta didik belajar dalam kelompoknya.


d.
Eksperimen (Mencoba)



-
Masing-masing kelompok menjelaskan tentang topik yang diperoleh


e.
Comunication (Mengkomunikasikan)



-

Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai topik yang di peroleh
Peserta didik dari kelompok lain menanggapi.



-
Guru memberikan konfirmasi dari setiap jawaban yang disampaikan.


3.
Kegiatan akhir
15 menit

a.  Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah dipelajari dan kesulitan yang dihadapipeserta didik
b. Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
c.  Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar kurban dan akikah
d. Guru mengakhiri pertemuan dengan membaca hamdalah bersama sama kemudian mengucapkan hamdalah bersama-sama dan keluar dari ruang kelas


IX.     Penilaian pembelajaran
1.      Jenis/teknikpenilaian
(Unjuk kerja / Kinerja melakukan Praktikum /Sikap)
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
(Daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar observasi/ Pertanyaan langsung/ Laporan pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/ Lembar penilaian portofolio)
3.      Pedoman penskoran (terlampir)
1.    Skala sikap:
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam
Pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi.
NO
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor Maks
Nilai
Ketuntasan
Skor Maks
Tindak Lanjut
aktif
kerjasama
T
TT

R
P
























































Keterangan :
T       : Tuntas mencapai nilai... (disesuaikan dengan nilai KKM)
TT     : Tidak tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R       : Remidial
P       : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian :
1.        Kejelasan dan kedalaman informasi
a.         Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi  lengkap dan sempurna, skor 30.
b.         Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi  lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c.         Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi  kurang lengkap, 10.
2.        Keaktifan dalam diskusi
a.         Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b.         Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c.         Jika kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3.        Kejelasan dan kerapian presentasi
a.         Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b.         Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c.         Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan kurang rapi, skor 20.
d.        Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan kurang jelas dan kurang rapi, skor 10.
a.    Penilaian Sikap
1.    Penilaian Observasi Sikap Sosial

NO
NAMA
Keterbukaan
Ketekunan Belajar
Kerajinan
Tenggang Rasa
Kedisiplinan
Kerja sama
Ramah dg teman
Hormat kpd Guru
Kejujuran
Menempati Janji
Kepedulian
Tanggung Jawab
Jumlah Nilai
Nilai Rata-rata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

13
14
15

































Keterangan:
5   : A (Amat baik)
4   : B (Baik)
3   : C (Cukup)
2   : D (Kurang)
1   : E (Sangat Kurang)
2.    Penilaian Observasi Sikap Sosial   (Tanggung Jawab)
Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolm skor sesuaisikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4=  selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1=   tidak pernah, apabila tidak melakukan.

Materi Pokok       :
Kelas                   :



NO
NAMA
Aspek Pengamatan
Skor
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Melaksanakan kerjasama kelompok
Menemukan ide menyelesaikan masalah
Berdiskusi dalam kelompok
1
2
3
4









































                        Petunjuk Penskoran
                        Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual
3.    Penilaian Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini di isi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya     = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek    pengamatan
Tidak = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
No
Nama
Sikap yang diamati
Melakukan
Masuk kelas tepat waktu
Mengumpulkan tugas tepat waktu
Tidak ramai saat proses belajar
Ya
Tidak
1






2








Petunjuk penskoran
Jawaban Ya diberi skor 1, dan jawaban Tidak diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
                                  Skor               
                                                          x 4 = skor akhir
                       Skor Tertinggi
Contoh:
Jika jawaban Ya sebanyak 3, maka diperoleh skor 3, dan skor tertinggi 3 maka skor akhir adalah:
                                 
Peserta didik nilai dapat menggunakan seperti dalam pedoman observasi sikap spiritual
4.    Penilaian Unjuk Kerja
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = Apabila kemampuan siswa menguasai materi sangat baik
3 = Apabila kemampuan siswa menguasai materi baik
2 = Apabila kemampuan siswa menguasai materi kurang
1 = Apabila kemampuan siswa menguasai materi sangat kurang
NO
NAMA
Aspek Penilaian
Skor
Penguasaan Materi
Menjelaskan ibadah kurban
Menjelaskan kurban dan akikah
1
2
3
4
1








2








3









Petunjuk penskoran:
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikapspiritual
2.    Penilaian pengetahuan
Guru melakukan penilaian kepada peserta didik dalam bentuk pilihan ganda dan uraian
Uraian : Rubrik Penilaian
No
Rubrik Penilaian
Skor
1
a.    Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian zakat menurut bahasa dan istilah dengan sempurna, skor 20.
b.     Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian zakat menurut bahasa dan istilah kurang sempurna, skor 10.

20
2
a.    Jika peserta didik dapat menyebutkan syarat-syarat harta yang wajib dikeluarkan zakatnya dengan benar dan sempurna, skor 20.
b.    Jika peserta didik dapat menyebutkan syarat-syarat harta yang wajib dikeluarkan zakatnya dengan benar tetapi tidak sempurna, skor 10.

20
3
a.    Jika peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara zakat fitrah dengan zakat mal dengan benar dan sempurna, skor 20.
b.    Jika peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara zakat fitrah dengan zakat mal dengan benar tetapi tidak sempurna, skor 10.


20
4
a.     Jika peserta didik dapat menyebutkan mustahik atau orang-orang yang berhak menerima zakat dengan sempurna,skor 20.
b.     Jika peserta didik dapat menyebutkan mustahik atau orang-orang yang berhak menerima zakat dan tidak sempurna,  skor 10.


20
5
a.    Jika peserta didik dapat menyebutkan hikmah yang terkandung dalam zakat dengan sempurna,skor 20.
b.    Jika peserta didik dapat menyebutkan hikmah yang terkandung dalam zakat tidak dengan sempurna, skor 10.

20
   Jumlah
100

Instrumen Penilaian Kognitif
a.    Tes Tertulis:
1.    Jelaskan pengertian zakat menurut bahasa dan istilah!
2.    Sebutkan syarat-syarat harta yang wajib dikeluarkan zakatnya!
3.    Jelaskan perbedaan antara zakat fitrah dengan zakat mal!
4.    Sebutkan mustahik atau orang-orang yang berhak menerima zakat!
5.    Sebutkan hikmah yang terkandung dalam zakat!
b.    Penskoran dan Penilaian
Nomor Soal
Skor
1
20
2
20
3
20
4
20
5
20
JUMLAH                100








Nilai= Jumlah skor yang diperoleh (pilhan ganda dan uraian)     x 100
                                                            skor maksimal

3.    Penilaian Keterampilan
Petunjuk:
Lembaran ini di isi oleh guru untuk menilai keterampilan peserta didik dalam mengerjakan tugas.

NO
NAMA
Aspek Penilaian
Ketepatan Waktu dalam mengumpulkan tugas
Mencari di internet tentang kurban dan akikah
1

1
2
3
4
1
2
3
4
2









3










Keterangan:
a.       Ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas
1     : Apabila siswa tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
2     : Apabila siswa kurang tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
3     : Apabila siswa cukup tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
4     : Apabila siswa tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
b.      Mencari tugas di internet.
1     : Apabila siswa tidak mencari tugas di internet.
2     : Apabila siswa kurang mencari tugas di internet.
3     : Apabila siswa cukup mencari tugas di internet.
4     : Apabila siswa mencari tugas di internet tepat.


                                                                                         

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan KKN Prodi PAI

RPP FIKIH BAB PENGURUS JENAZAH KELAS X IIS

RPP FIKIH BAB HAJI DAN UMRAH KELAS X IIS