SILABUS MAPEL FIKIH KELAS X IIS SEMESTER 1
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Program : X (Sepuluh)/IPA-IPS-Bahasa-Kejuruan
Semester : Ganjil
Kompetensi Inti
:
KI-1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1 Meyakini kesempurnaan ajaranagama Islam melalui komlpleksitas aturan fikih
|
1.1.1.
Menunjukkan prilaku ketaatan sesuai aturan Islam
|
Perilaku taat
pada aturan hukum
|
Membimbing perilaku
ketaatan sesuai aturan Islam
|
Penilaian diri
Penilaian sejawat
Observasi
Catatan/jurnal
|
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku taat terhadap
ketentuan hukum fikih dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1.Memiliki perilaku taat terhadap ketentuan hukum
fikih dalam kehidupan sehari – hari
|
- Perilaku taat terhadap ketentuan hukum fikih
dalam kehidupan sehari – hari
|
Membiasakan perilaku taat terhadap ketentuan hukum fikih dalam
kehidupan sehari – hari
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
- Catatan/jurnal
|
|
|
3.1
Memahami konsep fikih dalam Islam
4.1 Mempresentasikan konsep fikih Islam
|
3.1.1
Menjelaskan konsep fikih dalam Islam
3.1.2
Menjelaskan ruang lingkup fikih
3.1.3
Menjelaskan perbedaan fiqih, syari’ah dan
ibadah
3.1.4
Menjelaskan macam-macam ibadah dan
karakteristiknya
4.1.1.Mempresentasikan konsep fikih Islam
|
- Konsep Fikih
dalam Islam
- Ruang Lingkup
Fikih
- Perbedaan Fikih
dengan Syari’at
- Ibadah dan
Karakteristiknya
- Tujuan ibadah
dalam Islam
- Rukun Ibadah
|
Mengamati
- menyimak penjelasan guru tentang pengertian fikih dan syariah
- mengamati tayangan slide tentang
prinsip ibadah dan syariah
- Membaca ulang materi
Menanya
- Memberikan tanggapan hasil
penjelasan
- asan guru tentang pengertian
syariah
- Melakukan Tanya jawab tentang slide yang
belum difahami terkait prinsip ibadah dan syariah
Eksplorasi/eksperimen
- Menggali informasi tentang
prinsip ibadah dan syariah
- Menemukan pengertian syariah
pada internet/buku sumber lain
Mengasosiasi
- merumuskan prinsip ibadah
dan syariah
- memilih dan membandingkan antara ibadah dan syariah dalam konsep fikih Islam
Mengkomunikasikan
- memaparkan secara bergantian di
depan kelas.
|
- Tes tulis dengan soal uraian
non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
- Tes lisan dengan soal-soal
uraian obyektif atau dengan analisis kasus.
- Penugasan untuk menguatkan penguasaan
materi
-
Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-
Proyek, memberi tugas pengayaan materi
-
Portofolio, produk sesuai desain penilaian
|
|
- Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
|
1.2 Meyakini syariat Islam tentang
kewajiban penyelenggaraan jenazah
|
1.2.1.Menerima
syari’at Islam tentang kewajiban
penyelenggaraan jenazah.
|
- Sikap menerima
ketentuan penyelenggaraan jenazah
|
- Membimbing sikap
menerima ketentuan Penyelenggaraan jenazah
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
2.2
Memiliki rasa tanggung jawab tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
|
2.2.1.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab tentang
kewajiban penyelenggaraan jenazah dalam kehidupan sehari-hari.
|
- Melakukan
tanggung jawab dalam praktik Penyelenggaran jenazah
|
- Membiasakan
tanggung jawab dalam praktik Penyelenggaran jenazah
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
3.2
Menganalisis tatacara pengurusan jenazah dan hikmahnya
4.2 Memperagakan tata cara penyelenggaraan jenazah
|
3.2.1
Menjelaskan kewajiban umat Islam terhadap
orang yang meninggal
3.2.2
Menjelaskan tata cara memandikan jenazah
3.2.3
Menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
3.2.4
Menjelaskan tata cara mensholati jenazah
3.2.5
Menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
4.2.1Mempraktekkan pengurusan
jenazah
|
- Sakaratul Maut
- Memandikan
Jenazah
- Mengafani jenazah
- Menshalatkan
Jenazah
- Menguburkan
Jenazah
|
Mengamati
-
Menyimak tentang pengertian pengurusan jenazah
-
Mengamati tayangan praktik urutan
penyelenggaraan jenazah
-
membaca materi ajar
Menanya
-
Memberikan tanggapan hasil pengamatan tentang pengertian pengurusan
jenazah
-
Saling Tanya jawab tentang tayangan yang
belum difahami terkait tata cara pengurusan jenazah
Eksplorasi/eksperimen
-
Menggali informasi tentang tata cara
pengurusan jenazah dan hikmahnya
-
Menemukan pengertian syariah dari berbagai
sumber materi
Mengasosiasi
-
Merumuskan tata
cara pengurusan jenazah
-
Membuat langkah-langkah konsep tentang tata cara pengurusan jenazah
-
Memilah syariat penyelenggaraan jenazah
dengan adad istiadad penyelenggaraan jenazah
Mengkomunikasikan
-
Memaparkan hasil temuan pembuatan langkah
langkah konsep penyelenggaraan jenazah
-
Mempresentasikan/menyajikan
hasil diskusinya tentang tata cara pengurusan jenazah
|
- Tes tulis dengan soal uraian
non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
- Tes lisan dengan soal-soal
uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
- Penugasan untuk menguatkan
penguasaan materi
-
Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-
Proyek, memberi tugas pengayaan materi
-
Portofolio, produk sesuai desain penilaian
|
4X
Pertemuan
|
- Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
|
1.3 Meyakini kebenaran konsep zakat dalam mengurangi kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin
|
1.3.1.Menerima kebenaran konsep zakat dalam
mengurangi kesenjangan antara yang kaya dan miskin
|
- Sikap menerima
Pelaksanaan Zakat
|
-
Membimbing penerimaan kebenaran konsep
zakat dalam mengurangi kesenjangan antara yang kaya dan miskin
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
2.3
Memiliki kepekaan social sebagai implementasi dari
nilai-nilai yang terdapat pada zakat
|
2.3.1. Menunjukkan kepekaan social sebagai implementasi dari nilai-nilai yang terdapat pada zakat
|
- Kepedulian dalam
Pelaksanaan zakat
|
-
Membiasakan kepekaan social sebagai implementasi dari
nilai-nilai yang terdapat pada zakat
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
3.3 Menelaah ketentuan Islam tentang zakat, undang-undang pengelolaan zakat
dan hikmahnya
|
3.2.6
Menjelaskan ketentuan zakat dalam Islam
3.2.7
Menjelaskan macam-macam zakat
3.2.8
Memberikan contoh penerapan zakat sesuai
dengan undang-undang
3.2.9
Menjelaskan hikmah zakat
|
-
Pengertian Zakat
-
Macam-Macam Zakat
-
Undang-Undang Zakat
|
Mengamati
-
Menyimak penjelasan guru tentang perundang-undangan
zakat
-
Mengamati tayangan slide tentang UU zakat
Menanya
-
memberikan tanggapan hasil penjelasan guru
tentang UU zakat
-
Tanya jawab
yang belum dipahami dalam slide yang ditayangkan
Eksplorasi/eksperimen
-
Menggali informasi tentang
perundang-undangan zakat
-
Menggali UU zakat dari internet
Mengasosiasi
-
Menjelaskan ketentuan zakat dalam UU
-
Membandingkan ketentuan zakat dalam UU
dengan ketentuan Islam
-
Mengelompokkan zakat klasik dengan
kontemporer
-
Mengkomunikasikan
-
Menganalisis keabsahan perundang-undangan
zakat di depan kelas
-
Mempresentasikan/menyajikan hasil
diskusinya tentang ketentuan zakat dalam UU zakat
|
- Tes tulis dengan soal uraian
non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
- Tes lisan dengan soal-soal
uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
- Penugasan untuk menguatkn
penguasaan materi
- Unjuk kerja, dengan praktek
atau simulasi
- Proyek, memberi tugas
pengayaan materi
- Portofolio, produk sesuai
desain penilaian
|
2X Pertemuan
|
- Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
|
1.4 Menghayati hikmah pelaksanaan ibadah haji
dan umrah
|
1.4.1.
Menyakini hikmah pelaksanaan ibadah haji dan umrah
|
-
Sikap menyadari betapa
pentingnya haji dilihat dari Hikmah
Haji dan Umrah
|
-
Membimbing sikap menyadari betapa
pentingnya haji dilihat dari Hikmah
Haji dan Umrah
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
2.4
Membiasakan sikap kerjasama,dan tolong-menolong sebagai
implementasi hikmah dari ibadah haji dan umrah
|
2.4.1.
Menunjukkan sikap kerjasama,dan tolong-menolong sebagai
implementasi hikmah dari ibadah haji dan umrah di tengah-tengah masyarakat
|
-
Sikap kerja sama dalam
perwujudan Hikmah haji dan umrah
|
-
Membiasakan sikap kerja
sama dalam perwujudan Hikmah haji dan umrah
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
3.3 Menelaah ketentuan Islam tentang haji dan umrah, Undang-Undang penyelenggaraan haji dan umrah besertahikmahnya
|
3.3.1
Menjelaskan ketentuan Islam tentang haji
3.3.2
Mengidentifikasi Undang-undang
penyelenggaraan haji dan umrah
3.3.3
Menunjukkan contoh penerapan macam-macam
manasik haji
3.3.4
Menunjukkan contoh kerjasama dan tolong
menolong dalam pelaksaan ibadah haji
3.3.5
Menjelaskan hikmah pelaksanaan ibadah haji
|
- Haji dan Umroh
- Prosedur
Pelaksanaan Haji di Indonesia
|
Mengamati
- Menyimak penjelasan guru tentang pengertian
haji dan umroh.
- Mengamati tayangan
slide tentang haji dan umroh.
- Membaca secara
cermat tentang amaliyah haji
Menanya
- Memberi tanggapan hasil penjelasan guru tentang
haji dan umroh.
- Tanya jawab tentang slide yang
belum difahali terkait haji dan umroh.
Eksplorasi/eksperimen
- Menggali
informasi tentang haji dan umroh.
- Menggali
pengertian syariah pada internet/buku sumber lain
- Menganalisis
pentingnya melaksanakan ibadah haji
Mengasosiasi
- merumuskan skema haji dan umroh.
- Menyusun konsep
rute perjalanan haji dan umroh.
Mengkomunikasikan
- Memaparkan/
mempresentasikan/menyajikan hasil rute pelaksanaan haji
- Melakukan praktik
manasik haji
|
- Tes tulis dengan soal uraian
non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
- Tes lisan dengan soal-soal
uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
- Penugasan untuk menguatkan
penguasaan materi
- Unjuk kerja, dengan praktek
atau simulasi
- Proyek, memberi tugas
pengayaan materi
- Portofolio, produk sesuai
desain penilaian
|
4X Pertemuan
|
- Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
|
1.5 Menghayati nilai-nilai mulia dari syraiat kurban dan akikah
|
1.5.1. Membenarkan nilai- nilai mulia
dari syari’at kurban dan akikah
|
- Sikap menerima
Pelaksanaan kurban dan akikah
|
- Membimbingkan
sikap menerima Pelaksanaan kurban dan akikah
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
2.5
Membiasakan sikap peduli kepada orang lain sebagai impelementasi dari nilai-nilai yang
terdapat pada ibadah kurban dan akikah
|
2.5.1
Menunjukkan sikap pedulikepada orang lain sebagai impelementasi dari nilai-nilai yang
terdapat pada ibadah kurban dan akikah
|
- Kepedulian dalam Pelaksanaan kurban dan akikah
|
- Membiasakan
kepedulian dalam pelaksanaan kurban dan
akikah
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
3.4
Menganalisis tata cara pelaksanaan kurban dan akikah serta hikmahnya
4.5 Mendemontrasikan
pelaksanaan kurban dan akikah sesuai syariat
|
3.4.1
Menjelaskan tata cara pelaksanaan kurban
3.4.2
Menjelaskan tata cara pelaksanaan aqiqah
3.4.3
Menjelaskan hikmah qurban
3.4.4
Menjelaskan hikmah aqiqah
4.5.1. Mempraktikkan cara pelaksanaan kurban
4.5.2. Mempraktikkan cara pelaksanaan aqiqah
|
- Qurban
- Aqiqah
|
Mengamati
-Mengamati tayangan slide tentang qurban dan
akikah
- Membaca membaca buku ajar tentang qurban dan
akikah
Menaya
- Memberikan tanggapan hasil
tayangan tentang qurban dan akikah
Memberikan tanggapan tentang ketentuan dan syarat binatang yang
boleh dijadikan qurban dan akikah
Eksplorasi
- Menggali
informasi tentang qurban dan akikah
Mengasosiasi
- Merumuskan pengertian qurban
dan akikah
- Serta ketentuan dan syarat
binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah
- Membandingkan antara tata
cara pelaksanaan kurban dan
akikah
Mengkomunikasikan
- Memaparkan secara bergantian, tentang konsep fikih dalam Islam
- Mendemntrasikan tata cara
|
- Tes tulis dengan soal uraian
non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
- Tes lisan dengan soal-soal
uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
- Penugasan untuk menguatkan
penguasaan materi
- Unjuk kerja, dengan praktek
atau simulasi
- Proyek, memberi tugas
pengayaan materi.
- Portofolio, produk sesuai
desain penilaian
|
4X Pertemuan
|
- Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fikih
Satuan pendidikan :
Madrasah Aliyah
Kelas /Semester/Peminatan : X (Sepuluh)/Genap/IPA IPS dan Bahasa
Semester :
Genap
Kompetensi
Inti :
KI-1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
|
1.1
Meyakini kebenaran syariat Islam tentang kepemilikan
|
1.2
Menghayati kebenaran syariat Islam tentang kepemilikan
|
- Sikap menerima dalam
kepemilikan
|
- Membimbing sikap menerima dalam
kepemilikan
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
-
|
|
|
2.1
Memiliki rasa tanggung jawab sebagai
impelementasi dari pemahaman tentang ketentuan kepemilikan dan akad
|
2.1.1. Menunjukkan rasa tanggung jawab sebagai impelementasi
2.1.2. pemahaman tentang
ketentuan kepemilikan dan akad
|
- Sikap tanggung jawab dalam
Kepemilikan
|
- Membiasakan sikap tanggung jawab
dalam Kepemilikan
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
3.1 Memahami
ketentuan Islam tentang kepemilikan dan akad
4.1 Mempresentasikan
aturan Islam tentang kepemilikan dan akad
|
3.1.1
Menjelaskan
aturan Islam tentang kepemilikan
3.1.2
Menjelasakan
sebab-sebab kepemilikan
3.1.3
Menyebutkan
macam-macam kepemilikan
3.1.4
Menjelaskan
ketentuan akad
4.1.1.Menyusun
peta konsep aturan Islam
tentang kepemilikan dan akad
|
-
Kepemilikan
-
Sebab-Sebab Kepemilikan
|
Mengamati:
-
MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan
kepemilikan
-
Menanya:
-
MMelakukan wawancara tentang macam-macam kepemilikan
-
MMelakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh kepemilikan
Mengeksplorasi:
-
MMenggali infrmasi tentang kepemilikan
- MMendiskusikan contoh praktik akad
Mengasosiasikan:
-
MMengindentifikasi macam-macam kepemilikan
-
MMembandingkan antara kepemilikan sempurna dan yang lainnya
-
eMengelompokkan tentang kepemilikan
Mengkomunikasikan:
- MMendemontrsikan
praktikaturan kepemilikan
|
-
TTes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa
jadi dengan soal-soal menjodohkan,
- Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau
dengan anaalisis kasus.
-
Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-
Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-
Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
- Portofolio, produk sesuai
desain penilaian
|
2X Pertemuan
|
- Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
|
1.2.
Menghayati hikmah dari ketentuan syariat
Islam mengenai mu’amalah
|
1.2.1.
Meyakini hikmah dari ketentuan syariat
Islam mengenai mu’amalah
|
- Sikap menerima Hikmah
muamalah
|
- Membimbing sikap
menerima Hikmah muamalah
|
- Penilaian diri
- Penilaian sejawat
- Observasi
- Catatan/jurnal
|
|
|
2.2
Membiasakan
bekerja sama dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman tentang kerjasama ekonomi dalam Islam
|
2.2.1. Bekerja sama
dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman tentang
kerjasama ekonomi dalam Islam
|
- Sikap kerja sama
dalam praktik Perekonomian islam
|
- Membiasakan sikap
kerja sama dalam praktik Perekonomian islam
|
- Penilaian diri
- Penilaian sejawat
- Observasi
- Catatan/jurnal
|
|
|
3.2 Menelaah
ketentuan Islam tentang perekonomian Islam
4.2. Mensimulasikan
cara jual beli, khiyar, musaqah, muzara’ah, mukhabarah, syirkah, murabapah, mudhorabah, dan salam
|
3.2.1
Menjelaskan aturan Islam tentang
perekonomian Islam
3.2.2
Menjelaskan cara jual beli
3.2.3
Menjelaskan khiyar
3.2.4
Menjelaskan musaqah
3.2.5
Menjelaskan muzara’ah
3.2.6
Menjelaskan mukhabarah
3.2.7
Menjelaskan syirkah
3.2.8
Menjelaskan murabahah
3.2.9
Menjelaskan mudharabah
3.2.10
Menjelaskan jual beli salam
4.2.1.Mensimulasikan tata cara jual beli,
|
-
Jual Beli
-
Musaqah, Muzaraah dan Mukhabarah
-
Syirkah
-
Mudharabah dan Murabahah
-
Salam (Jual Beli Sistem Inden Atau Pesan)
|
-
Mengamati:
-
MMengamati praktik perekonomian dalam Islam
-
MMenyimak keterangan guru tentang
perekonomian dalam Islam
-
Menanya:
-
Melakukan wawancara tentang jual beli,
khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan
salam
-
-
Melakukan Tanya jawab tentang jual beli,
khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan
salam
-
MMengeksplorasi:
-
Menggali infrmasi tentang jual beli,
khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan
salam
-
-
Mendiskusikan contoh praktik jual beli,
khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan
salam
-
-
Mengasosiasikan:
-
MMengindentifikasi macam-macam jual beli,
khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan
salam
-
MMembandingkan antara muswqah, muzwra ah,
dan mukhwbarah
-
MMenyusun table tentang macam-macam jual
beli dan macam-macamnya
-
Mengkomunikasikan:
-
MMendemontrsikan praktik aturan jual beli,
khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan
salam
|
- Tes tulis dengan
soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal
menjodohkan,
- Tes lisan dengan
soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
- Penugasan untuk
menguatkan penguasaan materi
-
- Unjuk kerja,
dengan praktek atau simulasi
- Proyek, memberi
tugas pengayaan materi.
-
Portofolio, produk sesuai desain penilaian
|
4 X Pertemuan
|
- Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
|
1.3 Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah
wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
|
1.3.1.
Menerima hikmah dari ketentuan syariat Islam mengenai mu’amalah
|
- Sikap menerima
Hikmah muamalah
|
- Membimbing sikap
menerima hikmah dari ketentuan syariat Islam mengenai mu’amalah
|
- Penilaian diri
- Penilaian sejawat
- Observasi
- Catatan/jurnal
|
|
|
2.3
Membiasakan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang
wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
|
2.3.1. Memiliki sikap
peduli sebagai implementasi dari
pemahaman tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
- Kepedulian
praktik Wakaf, sedekah dan hadiah
|
- Membiasakan
kepedulian praktik Wakaf, sedekah dan hadiah
|
- Penilaian diri
- Penilaian sejawat
- Observasi
- Catatan/jurnal
|
|
|
3.3 Memahami
ketentuan Islam tentang wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
4.3.Mensimulasikan tata cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
|
3.3.1
Menjelaskan wakaf
3.3.2
Menjelaskan hibah
3.3.3
Menjelaskan shadaqah
3.3.4
Menjelaskan
hadiah
4.3.1.
Mensimulasikan cara pelaksanaan
wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
|
-
Hibah
-
Shadaqah dan Hadiah
-
Wakaf
|
- Mengamati:
- Mengamati
lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan kepemilikan
- Menanya:
- Melakukan
wawancara tentang macam-macam kepemilikan
- Melakukan Tanya
jawab tentang contoh-contoh kepemilikan
- Mengeksplorasi:
- Menggali
informasi tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
- Mendiskusikan
contoh praktik wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
- Mengasosiasikan:
- Mengindentifikasi
macam-macam wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
- Membandingkan
antara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
- Mengelompokkan
tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
- Mengkomunikasikan:
- Mendemontrsikan
praktik aturan kepemilikan
|
-
Tes tulis dengan soal uraian non obyektif,
analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-
Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif
atau dengan anaalisis kasus.
-
Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-
-
Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-
Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-
Portofolio, produk sesuai desain penilaian
|
-
2X Pertemuan
|
- Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
|
1.4
Menghayati hikmah dari perintah Allah tentang wakalah dan sulhu
|
1.4.1.
Meyakini nilai-nilai yang terkandung dalam
ibadah wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
|
-
Nilai nilai Pelaksanaan wakaf hibah,
sedekah dan hadiah
|
- Membimbing
penghayatan nilai nilai Pelaksanaan wakaf hibah, sedekah dan hadiah
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
2.4
Menunjukkan rasa tanggung jawab sebagai
implementasi dari pemahaman tentang wakalah dan sulhu
|
2.4.1. Memiliki rasa
tanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang wakalah dan
sulhu
|
-
Sikap tanggung jawab dalam praktik Wakalah
dan shulhu
|
- Membiasakan sikap
tanggung jawab dalam praktik Wakalah dan shulhu
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
3.4 Memahami
ketentuan Islam tentang wakalah dan sulhu
4.4.Mempresentasikan ketentuan wakalah
dan sulhu
|
3.4.1
Menjelaskan ketentuan Islam tentang wakalah
3.4.2
Menjelaskan ketentuan Islam tentang shulhu
3.4.3
Menjelaskan hikmah wakalah
3.4.4
Menjelaskan hikmah shulhu
|
-
Wakalah
-
Shulhu
|
-
Mengamati:
-
Mengamati lingkungan keluarga dan
masyarakat dalam hubungannya dengan wakalah dan sulh
-
Menanya:
-
Melakukan wawancara tentang wakalah dan
sulh
-
Melakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh
wakalah dan sulh
-
Mengeksplorasi:
-
Menggali infrmasi tentang wakalah dan sulh
-
Mendiskusikan contoh wakalah dan sulh
-
Mengasosiasikan:
-
Mengindentifikasi wakalah dan sulh
-
Mengelompokkan tentang permasalahan wakalah
dan sulh
-
Mengkomunikasikan:
-
Mempraktikkan aturan wakalah dan sulh
|
-
Tes tulis dengan soal uraian non obyektif,
analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-
Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif
atau dengan anaalisis kasus.
-
Penugasan untuk menguatkan penguasaan
materi
-
Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-
Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-
Portofolio, produk sesuai desain penilaian
|
-
2X Pertemuan
|
- Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
|
2.5
Menghayati hikmah dari perintah Allah
tentang dlaman, dan kafalah
|
2.6
Meyakini hikmah dari perintah Allah tentang
dlaman, dan kafalah
|
-
Sikap menerima Hikmah wakalah dan sulhu
|
-
Membimbing sikap menerima Hikmah wakalah
dan sulhu
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
2.7
Meningkatkan kepedulian terhadap sesama sebagai
implementasi dari pemahaman dlaman, dan kafalah
|
2.8
2.5.1. Menunjukkan sikap kepedulian terhadap sesama sebagai
implementasi dari pemahaman dlaman, dan kafalah
|
-
Kepedulian Haman dan kafalah
|
-
Membiasakan kepedulian dlaman dan kafalah
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
|
|
-
Memahami ketentuan Islam tentang dlaman dan
kafalah
-
|
-
Menjelaskan ketentuan Islam tentang dlaman
-
Menjelaskan ketentuan Islam tentang kafalah
-
Membedakan antara dlaman dan kafalah
-
Menjelaskan hikmah dlaman
-
Menjelaskan hikmah kafalah
|
-
Dhaman
-
Kafalah
|
-
Mengamati:
-
Mengamati lingkungan keluarga dan
masyarakat dalam hubungannya dengan iaman dan kafwlah
-
-
Menanya:
-
Melakukan wawancara tentang iaman dan
kafwlah
-
Melakukan Tanya jawab tentang iaman dan
kafwlah
-
-
Mengeksplorasi:
-
Menggali informasi tentang iaman dan
kafwlah
-
Mendiskusikan contoh praktik iaman dan
kafwlah
-
-
Mengasosiasikan:
-
Mengindentifikasi macam-macam iaman dan
kafwlah
-
Merumuskan contoh iaman dan kafwlah
-
-
Mengkomunikasikan:
-
Mendemontrsikan praktik dhaman dan kafalah
|
-
Tes tulis dengan soal uraian non obyektif,
analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-
Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif
atau dengan anaalisis kasus.
-
Penugasan untuk menguatkan penguasaan
materi
-
-
Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-
Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-
Portofolio, produk sesuai desain penilaian
|
-
2X Pertemuan
|
-
Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-
Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-
Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
|
-
Meyakini
adanya hikmah dari larangan praktik ribawi
-
|
-
Meyakini
adanya hikmah dari larangan praktik ribawi
|
-
Sikap penolakan praktik Riba
|
-
Membimbing sikap penolakan praktik Riba
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
-
|
-
|
-
Menunjukan sikap penolakan terhadap segala
praktik ribawi dalam kehidupan sehari-hari
-
|
-
Menolak segala praktik ribawi dalam
kehidupan sehari-hari
-
|
-
Penolakan terhadap praktik Riba
|
-
Membiasakan sikap penolakan terhadap
praktik Riba dalam kehidupan sehari- hari
|
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan/jurnal
|
-
|
-
|
-
Menganalisis hukum riba, bank, dan
asuransi.
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
4.6.Menunjukkan contoh tentang praktik
ribawi
|
-
Menjelaskan larangan riba
-
Menyebutkan jenis-jenis riba
-
Menyebutkan macam-macam bank
-
Menjelaskan tentang ketentuan bank syariah
-
Menganalisa hukum riba, bank dan asuransi.
-
4.6.1. Mensimulasikan cara menghindari
praktek ribawi
|
-
Riba
-
Bank
-
Asuransi
|
-
Mengamati:
-
Mengamati lingkungan keluarga dan
masyarakat dalam hubungannya dengan hukum riba, bank, dan asuransi
-
-
Menanya:
-
Melakukan wawancara tentang hukum riba,
bank, dan asuransi
-
Melakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh
hukum riba, bank, dan asuransi
-
-
Mengeksplorasi:
-
Menggali informasi tentang hukum riba,
bank, dan asuransi
-
-
Mendiskusikan contoh praktik hukum riba,
bank, dan asuransi
-
-
Mengasosiasikan:
-
Mengindentifikasi macam-macam hukum riba,
bank, dan asuransi
-
-
Membandingkan antara hukum riba, bank, dan
asuransi
-
-
Mengelompokkan tentang contoh masing-masing
dari riba, bank, dan asuransi
-
-
Mengkomunikasikan:
-
Mensimulasikan contoh praktik riba
|
-
Tes tulis dengan soal uraian non obyektif,
analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-
Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif
atau dengan anaalisis kasus.
-
Penugasan untuk menguatkan penguasaan
materi
-
-
Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-
Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-
Portofolio, produk sesuai desain penilaian
|
-
4 X Pertemuan
|
-
Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-
Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-
Buku-buku Penunjang lain yang Relevan
-
Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
|
Pakis,
15 September 2016
Guru Pamong Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Praktikan
Hanik Rasyidah, S.Th.I M.
Imamuddin, S.Pd.I Susi
Anggelita
Comments
Post a Comment