SILABUS MAPEL FIKIH KELAS X IIS SEMESTER 1



SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : Madrasah Aliyah                                                                           
Mata Pelajaran          : Fikih
Kelas/Program          : X (Sepuluh)/IPA-IPS-Bahasa-Kejuruan
Semester                    : Ganjil

Kompetensi Inti :
KI-1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1    Meyakini kesempurnaan ajaranagama Islam melalui komlpleksitas aturan fikih

1.1.1.      Menunjukkan prilaku ketaatan sesuai aturan Islam
Perilaku taat pada aturan hukum
Membimbing perilaku ketaatan sesuai aturan Islam
Penilaian diri
Penilaian sejawat
Observasi
Catatan/jurnal


2.1  Menunjukkan perilaku taat terhadap ketentuan hukum fikih dalam kehidupan sehari-hari

2.1.1.Memiliki  perilaku taat terhadap ketentuan hukum fikih dalam kehidupan sehari – hari
-   Perilaku taat terhadap ketentuan hukum fikih dalam kehidupan sehari – hari
Membiasakan perilaku taat terhadap ketentuan hukum fikih dalam kehidupan sehari – hari
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


3.1  Memahami konsep fikih dalam Islam























4.1  Mempresentasikan konsep fikih Islam

3.1.1        Menjelaskan konsep fikih dalam Islam
3.1.2        Menjelaskan ruang lingkup fikih
3.1.3        Menjelaskan perbedaan fiqih, syari’ah dan ibadah
3.1.4        Menjelaskan macam-macam ibadah dan karakteristiknya











4.1.1.Mempresentasikan konsep fikih Islam

-   Konsep Fikih dalam Islam
-   Ruang Lingkup Fikih
-   Perbedaan Fikih dengan Syari’at
-   Ibadah dan Karakteristiknya
-   Tujuan ibadah dalam Islam
-   Rukun Ibadah

Mengamati
-    menyimak penjelasan guru tentang pengertian fikih dan syariah
-    mengamati tayangan slide tentang prinsip  ibadah dan syariah
-   Membaca ulang materi
Menanya
-   Memberikan tanggapan hasil penjelasan
-   asan guru tentang pengertian syariah
-    Melakukan Tanya jawab tentang slide yang belum difahami terkait prinsip ibadah dan syariah
Eksplorasi/eksperimen
-   Menggali informasi tentang prinsip ibadah dan syariah
-   Menemukan pengertian syariah pada internet/buku sumber lain
Mengasosiasi
-   merumuskan prinsip ibadah dan syariah
-    memilih dan membandingkan antara  ibadah dan syariah dalam konsep fikih Islam
Mengkomunikasikan
-   memaparkan secara bergantian di depan kelas.

-   Tes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-   Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan analisis kasus.
-   Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-   Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-   Proyek, memberi tugas pengayaan materi
-   Portofolio, produk sesuai desain penilaian

-     Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-     Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-     Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
-     Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
1.2    Meyakini syariat Islam tentang                                                                                                                kewajiban penyelenggaraan jenazah



1.2.1.Menerima syari’at  Islam tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah.


-    Sikap menerima ketentuan penyelenggaraan jenazah

-  Membimbing sikap menerima ketentuan Penyelenggaraan jenazah
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


2.2  Memiliki rasa tanggung jawab tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah

2.2.1.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah dalam kehidupan sehari-hari.

-   Melakukan tanggung jawab dalam praktik Penyelenggaran jenazah
-   Membiasakan tanggung jawab dalam praktik Penyelenggaran jenazah
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


3.2      Menganalisis tatacara pengurusan jenazah dan hikmahnya





























4.2  Memperagakan tata cara penyelenggaraan jenazah


3.2.1        Menjelaskan kewajiban umat Islam terhadap orang yang meninggal
3.2.2        Menjelaskan tata cara memandikan jenazah
3.2.3        Menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
3.2.4        Menjelaskan tata cara mensholati jenazah
3.2.5        Menjelaskan tata cara menguburkan jenazah












4.2.1Mempraktekkan pengurusan jenazah


-   Sakaratul Maut
-   Memandikan Jenazah
- Mengafani jenazah
- Menshalatkan Jenazah
- Menguburkan Jenazah


Mengamati
-  Menyimak tentang pengertian pengurusan jenazah
- Mengamati tayangan praktik urutan penyelenggaraan jenazah
- membaca materi ajar
Menanya
-  Memberikan tanggapan hasil pengamatan tentang pengertian pengurusan jenazah
- Saling Tanya jawab tentang tayangan yang belum difahami terkait tata cara pengurusan jenazah
Eksplorasi/eksperimen
- Menggali informasi tentang tata cara pengurusan jenazah dan hikmahnya
- Menemukan pengertian syariah dari berbagai sumber materi
Mengasosiasi
- Merumuskan tata cara pengurusan jenazah
- Membuat langkah-langkah  konsep tentang tata cara pengurusan jenazah
- Memilah syariat penyelenggaraan jenazah dengan adad istiadad penyelenggaraan jenazah
Mengkomunikasikan
- Memaparkan hasil temuan pembuatan langkah langkah konsep penyelenggaraan jenazah
- Mempresentasikan/menyajikan hasil diskusinya tentang tata cara pengurusan jenazah
-   Tes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-   Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
-   Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-   Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-   Proyek, memberi tugas pengayaan materi
-   Portofolio, produk sesuai desain penilaian
4X Pertemuan
-     Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-     Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-     Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
-     Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
1.3    Meyakini kebenaran konsep zakat dalam mengurangi kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin


1.3.1.Menerima kebenaran konsep zakat dalam mengurangi kesenjangan antara yang kaya dan miskin
- Sikap menerima Pelaksanaan Zakat
- Membimbing penerimaan kebenaran konsep zakat dalam mengurangi kesenjangan antara yang kaya dan miskin
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


2.3  Memiliki kepekaan social sebagai implementasi dari nilai-nilai yang terdapat pada zakat

2.3.1. Menunjukkan  kepekaan social sebagai implementasi dari nilai-nilai yang terdapat pada zakat
- Kepedulian dalam Pelaksanaan zakat
- Membiasakan kepekaan social sebagai implementasi dari nilai-nilai yang terdapat pada zakat
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


3.3 Menelaah ketentuan Islam tentang zakat, undang-undang pengelolaan zakat dan hikmahnya


















3.2.6        Menjelaskan ketentuan zakat dalam Islam
3.2.7        Menjelaskan macam-macam zakat
3.2.8        Memberikan contoh penerapan zakat sesuai dengan undang-undang
3.2.9        Menjelaskan hikmah zakat








-      Pengertian Zakat
-      Macam-Macam Zakat
-      Undang-Undang Zakat

Mengamati
-   Menyimak penjelasan guru tentang perundang-undangan zakat
-    Mengamati tayangan slide tentang UU zakat
Menanya
-    memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang UU zakat
-   Tanya jawab  yang belum dipahami dalam slide yang ditayangkan
Eksplorasi/eksperimen
-   Menggali informasi tentang perundang-undangan zakat
-    Menggali UU zakat  dari internet
Mengasosiasi
-   Menjelaskan ketentuan zakat dalam UU
-   Membandingkan ketentuan zakat dalam UU dengan ketentuan Islam
-   Mengelompokkan zakat klasik dengan kontemporer
-   Mengkomunikasikan
-   Menganalisis keabsahan perundang-undangan zakat di depan kelas
-   Mempresentasikan/menyajikan hasil diskusinya tentang ketentuan zakat dalam UU zakat

-   Tes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-   Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
-   Penugasan untuk menguatkn penguasaan materi
-   Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-   Proyek, memberi tugas pengayaan materi
-   Portofolio, produk sesuai desain penilaian
2X Pertemuan
-     Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-     Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-     Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
-     Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
1.4    Menghayati hikmah pelaksanaan ibadah haji dan umrah



1.4.1. Menyakini hikmah pelaksanaan ibadah haji dan umrah
-  Sikap menyadari betapa pentingnya haji dilihat dari  Hikmah Haji dan Umrah
- Membimbing sikap menyadari betapa pentingnya haji dilihat dari  Hikmah Haji dan Umrah
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


2.4  Membiasakan sikap kerjasama,dan tolong-menolong sebagai implementasi hikmah dari ibadah haji dan umrah

2.4.1.      Menunjukkan sikap kerjasama,dan tolong-menolong sebagai implementasi hikmah dari ibadah haji dan umrah di tengah-tengah masyarakat

-  Sikap kerja sama dalam perwujudan Hikmah haji dan umrah
-  Membiasakan sikap kerja sama dalam perwujudan Hikmah haji dan umrah
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


3.3  Menelaah ketentuan Islam tentang haji dan umrah, Undang-Undang penyelenggaraan haji dan umrah besertahikmahnya
























3.3.1        Menjelaskan ketentuan Islam tentang haji
3.3.2        Mengidentifikasi Undang-undang penyelenggaraan haji dan umrah
3.3.3        Menunjukkan contoh penerapan macam-macam manasik haji
3.3.4        Menunjukkan contoh kerjasama dan tolong menolong dalam pelaksaan ibadah haji
3.3.5        Menjelaskan hikmah pelaksanaan ibadah haji





-   Haji dan Umroh
-   Prosedur Pelaksanaan Haji di Indonesia


Mengamati
-   Menyimak penjelasan guru tentang pengertian haji dan umroh.
-    Mengamati tayangan slide tentang haji dan umroh.
-   Membaca secara cermat tentang amaliyah haji
Menanya
-   Memberi  tanggapan hasil penjelasan guru tentang haji dan umroh.
-   Tanya jawab tentang slide yang belum difahali terkait haji dan umroh.
Eksplorasi/eksperimen
-   Menggali informasi tentang haji dan umroh.
-   Menggali pengertian syariah pada internet/buku sumber lain
-   Menganalisis pentingnya melaksanakan ibadah haji
Mengasosiasi
-    merumuskan skema haji dan umroh.
-   Menyusun  konsep  rute perjalanan haji dan umroh.
Mengkomunikasikan
-   Memaparkan/ mempresentasikan/menyajikan hasil rute pelaksanaan haji
-   Melakukan praktik manasik haji

-   Tes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-   Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
-   Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-   Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-   Proyek, memberi tugas pengayaan materi
-   Portofolio, produk sesuai desain penilaian
4X Pertemuan
-     Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-     Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-     Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
-     Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
1.5    Menghayati nilai-nilai mulia dari syraiat kurban dan akikah


1.5.1. Membenarkan nilai- nilai mulia dari  syari’at kurban dan akikah
-   Sikap menerima Pelaksanaan kurban dan akikah
-   Membimbingkan sikap menerima Pelaksanaan kurban dan akikah
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


2.5  Membiasakan sikap peduli kepada orang lain sebagai impelementasi dari nilai-nilai yang terdapat pada ibadah kurban dan akikah
2.5.1     Menunjukkan sikap pedulikepada orang lain sebagai impelementasi dari nilai-nilai yang terdapat pada ibadah kurban dan akikah
-   Kepedulian dalam Pelaksanaan kurban dan akikah
-   Membiasakan kepedulian dalam pelaksanaan kurban dan akikah
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


3.4  Menganalisis tata cara pelaksanaan kurban dan akikah serta hikmahnya


















4.5 Mendemontrasikan pelaksanaan kurban dan akikah sesuai syariat
3.4.1        Menjelaskan tata cara pelaksanaan kurban
3.4.2        Menjelaskan tata cara pelaksanaan aqiqah
3.4.3        Menjelaskan hikmah qurban
3.4.4        Menjelaskan hikmah aqiqah










4.5.1.   Mempraktikkan cara pelaksanaan kurban
4.5.2. Mempraktikkan cara pelaksanaan aqiqah
-   Qurban
-   Aqiqah


Mengamati
-Mengamati tayangan slide tentang qurban dan akikah
- Membaca membaca buku ajar tentang qurban dan akikah
Menaya
-   Memberikan tanggapan hasil tayangan tentang qurban dan akikah
Memberikan tanggapan tentang ketentuan dan syarat binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah


Eksplorasi
-   Menggali informasi tentang qurban dan akikah

Mengasosiasi
-   Merumuskan pengertian qurban dan akikah
-   Serta ketentuan dan syarat binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah
-   Membandingkan antara tata cara pelaksanaan kurban dan akikah

Mengkomunikasikan
-    Memaparkan secara bergantian, tentang konsep fikih dalam Islam
-   Mendemntrasikan tata cara
-   Tes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-   Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
-   Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-   Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-   Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-   Portofolio, produk sesuai desain penilaian
4X Pertemuan
-     Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-     Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-     Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
-     Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan



SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                      : Fikih
Satuan pendidikan                : Madrasah Aliyah
Kelas /Semester/Peminatan  : X (Sepuluh)/Genap/IPA IPS dan Bahasa
Semester                                 : Genap

Kompetensi Inti :
KI-1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
1.1       Meyakini kebenaran  syariat Islam tentang kepemilikan

1.2       Menghayati kebenaran  syariat Islam tentang kepemilikan

-   Sikap menerima dalam kepemilikan
-   Membimbing sikap menerima dalam kepemilikan
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal
-    


2.1       Memiliki rasa tanggung jawab sebagai impelementasi dari pemahaman tentang ketentuan kepemilikan dan akad

2.1.1.      Menunjukkan  rasa tanggung jawab sebagai impelementasi
2.1.2.      pemahaman tentang ketentuan kepemilikan dan akad

-   Sikap tanggung jawab dalam Kepemilikan
-   Membiasakan sikap tanggung jawab dalam Kepemilikan
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


3.1    Memahami ketentuan Islam tentang kepemilikan dan akad













4.1     Mempresentasikan aturan Islam tentang kepemilikan dan akad


3.1.1        Menjelaskan aturan Islam tentang kepemilikan
3.1.2        Menjelasakan sebab-sebab kepemilikan
3.1.3        Menyebutkan macam-macam kepemilikan
3.1.4        Menjelaskan ketentuan akad






4.1.1.Menyusun peta konsep aturan Islam tentang kepemilikan dan akad
-        Kepemilikan
-        Sebab-Sebab Kepemilikan

Mengamati:
-   MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan kepemilikan
-   Menanya:
-   MMelakukan wawancara tentang macam-macam kepemilikan
-   MMelakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh kepemilikan
Mengeksplorasi:
-   MMenggali infrmasi tentang kepemilikan
-   MMendiskusikan contoh praktik akad
Mengasosiasikan:
-   MMengindentifikasi macam-macam kepemilikan
-   MMembandingkan antara kepemilikan sempurna dan yang lainnya
-   eMengelompokkan tentang kepemilikan
Mengkomunikasikan:
-   MMendemontrsikan praktikaturan kepemilikan
-   TTes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-   Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
-   Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-   Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-   Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-   Portofolio, produk sesuai desain penilaian
2X Pertemuan
-     Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-     Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-     Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
-     Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
1.2.      Menghayati hikmah dari ketentuan syariat Islam mengenai mu’amalah

1.2.1. Meyakini  hikmah dari ketentuan syariat Islam mengenai mu’amalah

-   Sikap menerima Hikmah muamalah
-   Membimbing sikap menerima Hikmah muamalah
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


2.2       Membiasakan  bekerja sama dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman tentang kerjasama ekonomi dalam Islam

2.2.1.      Bekerja sama dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman tentang kerjasama ekonomi dalam Islam

-   Sikap kerja sama dalam praktik Perekonomian islam
-   Membiasakan sikap kerja sama dalam praktik Perekonomian islam
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


3.2    Menelaah ketentuan Islam tentang perekonomian Islam



















4.2.  Mensimulasikan cara jual beli, khiyar, musaqah, muzara’ah, mukhabarah, syirkah, murabapah, mudhorabah, dan salam

3.2.1        Menjelaskan aturan Islam tentang perekonomian Islam
3.2.2        Menjelaskan cara jual beli
3.2.3        Menjelaskan  khiyar
3.2.4        Menjelaskan musaqah
3.2.5        Menjelaskan muzara’ah
3.2.6        Menjelaskan mukhabarah
3.2.7        Menjelaskan syirkah
3.2.8        Menjelaskan murabahah
3.2.9        Menjelaskan mudharabah
3.2.10    Menjelaskan jual beli salam



4.2.1.Mensimulasikan tata cara jual beli,
-        Jual Beli
-        Musaqah, Muzaraah dan Mukhabarah
-        Syirkah
-        Mudharabah dan Murabahah
-        Salam (Jual Beli Sistem Inden Atau Pesan)


-        Mengamati:
-        MMengamati praktik perekonomian dalam Islam
-        MMenyimak keterangan guru tentang perekonomian dalam Islam
-        Menanya:
-        Melakukan wawancara tentang jual beli, khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan salam
-         
-        Melakukan Tanya jawab tentang jual beli, khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan salam
-        MMengeksplorasi:
-        Menggali infrmasi tentang jual beli, khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan salam
-         
-        Mendiskusikan contoh praktik jual beli, khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan salam
-         
-        Mengasosiasikan:
-        MMengindentifikasi macam-macam jual beli, khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan salam
-        MMembandingkan antara muswqah, muzwra ah, dan mukhwbarah
-        MMenyusun table tentang macam-macam jual beli dan macam-macamnya
-        Mengkomunikasikan:
-        MMendemontrsikan praktik aturan jual beli, khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan salam
-   Tes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-   Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
-   Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-    
-   Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-   Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-   Portofolio, produk sesuai desain penilaian
4 X Pertemuan
-     Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-     Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-     Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
-     Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
1.3       Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah wakaf, hibah, sedekah dan hadiah

1.3.1. Menerima hikmah dari ketentuan syariat Islam mengenai mu’amalah

-   Sikap menerima Hikmah muamalah
-   Membimbing sikap menerima hikmah dari ketentuan syariat Islam mengenai mu’amalah
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


2.3       Membiasakan sikap peduli  sebagai implementasi dari pemahaman tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah

2.3.1.      Memiliki sikap peduli  sebagai implementasi dari pemahaman tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah dalam kehidupan sehari-hari.

-   Kepedulian praktik Wakaf, sedekah dan hadiah
-   Membiasakan kepedulian praktik Wakaf, sedekah dan hadiah
-   Penilaian diri
-   Penilaian sejawat
-   Observasi
-   Catatan/jurnal


3.3    Memahami ketentuan Islam tentang wakaf, hibah, sedekah dan hadiah











4.3.Mensimulasikan tata cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah

3.3.1        Menjelaskan wakaf
3.3.2        Menjelaskan hibah
3.3.3        Menjelaskan  shadaqah
3.3.4        Menjelaskan hadiah









4.3.1. Mensimulasikan cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
-        Hibah
-        Shadaqah dan Hadiah
-        Wakaf

-   Mengamati:
-   Mengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan kepemilikan
-   Menanya:
-   Melakukan wawancara tentang macam-macam kepemilikan
-   Melakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh kepemilikan
-   Mengeksplorasi:
-   Menggali informasi tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
-   Mendiskusikan contoh praktik wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
-   Mengasosiasikan:
-   Mengindentifikasi macam-macam wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
-   Membandingkan antara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
-   Mengelompokkan tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
-   Mengkomunikasikan:
-   Mendemontrsikan praktik aturan kepemilikan
-        Tes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-        Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
-        Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-         
-        Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-        Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-        Portofolio, produk sesuai desain penilaian
-        2X Pertemuan
-     Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-     Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-     Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
-     Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
1.4       Menghayati hikmah dari perintah Allah tentang wakalah dan sulhu

1.4.1.      Meyakini nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah wakaf, hibah, sedekah dan hadiah

-        Nilai nilai Pelaksanaan wakaf hibah, sedekah dan hadiah
-   Membimbing penghayatan nilai nilai Pelaksanaan wakaf hibah, sedekah dan hadiah
-        Penilaian diri
-        Penilaian sejawat
-        Observasi
-        Catatan/jurnal


2.4       Menunjukkan rasa tanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang wakalah dan sulhu

2.4.1.      Memiliki rasa tanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang wakalah dan sulhu

-        Sikap tanggung jawab dalam praktik Wakalah dan shulhu
-   Membiasakan sikap tanggung jawab dalam praktik Wakalah dan shulhu
-        Penilaian diri
-        Penilaian sejawat
-        Observasi
-        Catatan/jurnal


3.4  Memahami ketentuan Islam tentang wakalah dan sulhu




4.4.Mempresentasikan ketentuan wakalah dan sulhu


3.4.1        Menjelaskan ketentuan Islam tentang wakalah
3.4.2        Menjelaskan ketentuan Islam tentang shulhu
3.4.3        Menjelaskan hikmah wakalah
3.4.4        Menjelaskan hikmah shulhu
-        Wakalah
-        Shulhu
-        Mengamati:
-        Mengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan wakalah dan sulh
-        Menanya:
-        Melakukan wawancara tentang wakalah dan sulh
-        Melakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh wakalah dan sulh
-        Mengeksplorasi:
-        Menggali infrmasi tentang wakalah dan sulh
-        Mendiskusikan contoh wakalah dan sulh
-        Mengasosiasikan:
-        Mengindentifikasi wakalah dan sulh
-        Mengelompokkan tentang permasalahan wakalah dan sulh
-        Mengkomunikasikan:
-        Mempraktikkan aturan wakalah dan sulh
-        Tes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-        Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
-        Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi

-        Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-        Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-        Portofolio, produk sesuai desain penilaian
-        2X Pertemuan
-     Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-     Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-     Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
-     Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
2.5       Menghayati hikmah dari perintah Allah tentang dlaman, dan kafalah

2.6       Meyakini hikmah dari perintah Allah tentang dlaman, dan kafalah

-        Sikap menerima Hikmah wakalah dan sulhu
-        Membimbing sikap menerima Hikmah wakalah dan sulhu
-        Penilaian diri
-        Penilaian sejawat
-        Observasi
-        Catatan/jurnal


2.7       Meningkatkan  kepedulian terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman dlaman, dan kafalah

2.8       2.5.1. Menunjukkan  sikap kepedulian terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman dlaman, dan kafalah

-        Kepedulian Haman dan kafalah
-        Membiasakan kepedulian dlaman dan kafalah
-        Penilaian diri
-        Penilaian sejawat
-        Observasi
-        Catatan/jurnal


-        Memahami ketentuan Islam tentang dlaman dan kafalah
-         
-        Menjelaskan ketentuan Islam tentang dlaman
-        Menjelaskan ketentuan Islam tentang kafalah
-        Membedakan antara dlaman dan kafalah
-        Menjelaskan hikmah dlaman
-        Menjelaskan hikmah kafalah
-        Dhaman
-        Kafalah

-        Mengamati:
-        Mengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan iaman dan kafwlah
-         
-        Menanya:
-        Melakukan wawancara tentang iaman dan kafwlah
-        Melakukan Tanya jawab tentang iaman dan kafwlah
-         
-        Mengeksplorasi:
-        Menggali informasi tentang iaman dan kafwlah
-        Mendiskusikan contoh praktik iaman dan kafwlah
-         
-        Mengasosiasikan:
-        Mengindentifikasi macam-macam iaman dan kafwlah
-        Merumuskan contoh iaman dan kafwlah
-         
-        Mengkomunikasikan:
-        Mendemontrsikan praktik dhaman dan kafalah
-        Tes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-        Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
-        Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-         
-        Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-        Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-        Portofolio, produk sesuai desain penilaian
-        2X Pertemuan
-        Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-        Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-        Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.
-        Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan
-        Meyakini  adanya hikmah dari larangan praktik ribawi
-         
-        Meyakini  adanya hikmah dari larangan praktik ribawi

-        Sikap penolakan praktik Riba
-        Membimbing sikap penolakan praktik Riba
-        Penilaian diri
-        Penilaian sejawat
-        Observasi
-        Catatan/jurnal
-         
-         
-        Menunjukan sikap penolakan terhadap segala praktik ribawi dalam kehidupan sehari-hari
-         
-        Menolak segala praktik ribawi dalam kehidupan sehari-hari
-         
-        Penolakan terhadap praktik Riba
-        Membiasakan sikap penolakan terhadap praktik Riba dalam kehidupan sehari- hari
-        Penilaian diri
-        Penilaian sejawat
-        Observasi
-        Catatan/jurnal
-         
-         
-        Menganalisis hukum riba, bank, dan asuransi.
-         
-         
-         
-         
-         
-         
-         
-         
-         
-         
-         
-        4.6.Menunjukkan contoh tentang praktik ribawi
-        Menjelaskan larangan  riba
-        Menyebutkan jenis-jenis riba
-        Menyebutkan macam-macam bank
-        Menjelaskan tentang ketentuan bank syariah
-        Menganalisa hukum riba, bank dan asuransi.

-        4.6.1. Mensimulasikan cara menghindari praktek ribawi

-        Riba
-        Bank
-        Asuransi
-        Mengamati:
-        Mengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan hukum riba, bank, dan asuransi
-         
-        Menanya:
-        Melakukan wawancara tentang hukum riba, bank, dan asuransi
-        Melakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh hukum riba, bank, dan asuransi
-         
-        Mengeksplorasi:
-        Menggali informasi tentang hukum riba, bank, dan asuransi
-         
-        Mendiskusikan contoh praktik hukum riba, bank, dan asuransi
-         
-        Mengasosiasikan:
-        Mengindentifikasi macam-macam hukum riba, bank, dan asuransi
-         
-        Membandingkan antara hukum riba, bank, dan asuransi
-         
-        Mengelompokkan tentang contoh masing-masing dari riba, bank, dan asuransi
-         
-        Mengkomunikasikan:
-        Mensimulasikan contoh praktik riba
-        Tes tulis dengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal-soal menjodohkan,
-        Tes lisan dengan soal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus.
-        Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi
-         
-        Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi
-        Proyek, memberi tugas pengayaan materi.
-        Portofolio, produk sesuai desain penilaian
-        4 X Pertemuan
-        Buku Fikih Pegangan Siswa, Kemenag 2014
-        Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014
-        Buku-buku Penunjang lain yang Relevan
-        Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan

                                                                                                                                                                                                                                   Pakis, 15 September 2016
Guru Pamong                                                              Mengetahui                                        
                                                                                     Kepala Madrasah                                                                                                                                  Guru Praktikan


Hanik Rasyidah, S.Th.I                                             M. Imamuddin, S.Pd.I                                                                                                                                              Susi Anggelita

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan KKN Prodi PAI

RPP FIKIH BAB PENGURUS JENAZAH KELAS X IIS

RPP FIKIH BAB HAJI DAN UMRAH KELAS X IIS