Pidato Bahasa Indonesia Terbaru, Melestarikan Budaya Bangsa Menuju Insan yang Mulia



Pidato!
Melestarikan Budaya Bangsa Menuju Insan Yang Berakhlak Mulia
Assalamualaikum wr.wb...
 Tiada kata yang pantas ku ucapkan selain mengajak hadirin yang ada disini untuk kupanjatkan puji syukur kehadirat allah swt  yang telah melimpahkan rahmatnya. Sehingga kita dapat bertatap muka dalam acara lomba pidato bahasa indonesia.
Tak lupa pula sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan nabi agung Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di yaumul qiyamah amin ya rabbal alamin...
Dewan juri yang saya hormati serta teman teman peserta lomba pidato yang saya banggakan. Pada kesempatan kali ini perkenankanlah saya menyampaikan pidato bahasa indonesia yang bertema “Melestarikan Budaya Bangsa Menuju Insan Yang Berakhlak Mulia”
Dalam era globalisasi saat ini akhlak mulia dan kejujuran mempunyai peran yang sangat penting bagi anak anak dan generasi muda kita. Keduanya merupakan kunci untuk membuka tabir kebenaran. Akhlak mulia dan iman sebagai ciri kepribadian orang yang beragama,  akhlak mulia bukan saja menjadi diri secara pribadi tetapi juga sebagai standar untuk mengukur tinggi rendahnya peradaban manusia. Akhlak mulia menunjukkan karakteristik  kualitas kepribadian orang yang beriman dan sebagai landasan utama dalam sebuah tatanan kehidupan yang damai sejahtera. Jika akhlak mulia sudah tidak ada dalam seorang anak, maka tatanan kehidupan akan guncang dan  muncul sikap saling membenci, mencurigai dan perilaku tak  beraturan yang lainnya. Hingga akhirnya menimbulkan konflik dan perpecahan .
Teman teman peserta lomba pidato yang berbahagia, sekarang ini budaya barat sangat mudah masuk kedalam diri kita. Budaya ini tumbuh dan berkembang pesat di indonesia. Anehnya kita selaku generasi muda tampaknya akan lebih menyukai budaya barat ketimbang budaya negeri kita. Kita akan lebih PD dan merasa lebih gaul jika kita meniru budaya barat yang sangat mudah sekali ditiru melalui media elektronik, seperti internet dan Hp.
Sebagai seorang pelajar seharusnya berperilaku baik, sopan, mematuhi peraturan dan norma-norma yang ada, namun yang terjadi tidak sedikit pelajar yang perilakunya brutal. Seperti melakukan kenakalan-kenakalan yang sangat meresahkan dan mengenaskan. Semua itu terjadi karena pengaruh budaya barat dan meninggalkan budaya sendiri, serta akhlak mulia sudah terabaikan. Tata krama, budi pekerti, serta ajaran agama sudah jarang diajarkan di lingkungan keluarga. Mudah-mudahan saja dengan dimasukkannya pendidikan budi pekerti yang di gabung dengan pendidikan agama pada kurikulum 2013 bisa menjadikan pelajar dan generasi muda  melestarikan budaya bangsa menuju insan yang berakhlak yang mulia.
Hadirin yang saya hormati, untuk melestarikan budaya bangsa serta menuju insan yang berakhlak mulia, maka tanamkanlah sikap jujur, sopan santun dan kepribadian yang baik sedini mungkin kepada anak-anak. Karena akhlak mulia merupakan kunci penyembuhan penyakit moral.
Hadirin yang saya hormati dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa untuk melestarikan budaya bangsa menuju insan yang berakhlak mulia marilah kita tanamkan pendidikan budi pekerti dan akhlak mulia sedini mungkin. Yang dimulai dari lingkungan keluarga, sebelum anak mengenal lingkungan diluar rumah. Misalnya orang tua harus memberikan contoh akhlak mulia antara lain berbuat jujur, tidak mengeluarkan kata-kata kotor atau menyakitkan hati saat marah. Karena tidak ada pemberian orang tua kepada anak selain keteladanan yang baik  dari orang tua.
Hadirin yang berbahagia marilah kita lestarikan budaya bangsa menuju insan yang berakhlak mulia dalam pribadi anak dan masyarakat. Kita tidak boleh meniru budaya barat yang tidak sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia. Maka insyaallah indonesia bukan hanya akan di kenal oleh negara lain sebagai negara yang memiliki keanekaragaman budaya, agama, suku adat istiadat, bahasa, melainkan Indenesia akan di kenal oleh negara lain sebagai negara yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik.
Dewan juri yang saya hormati serta teman-teman peserta lomba pidato yang berbahagia, demikianlah yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Amin...
Apabila ada salah kata saya mohon maaf...
Wassalamualaikum wr.wb...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Laporan KKN Prodi PAI

RPP FIKIH BAB PENGURUS JENAZAH KELAS X IIS

RPP FIKIH BAB HAJI DAN UMRAH KELAS X IIS